skip to main content

GENRE OF ‘THIS ODD WORLD’ COLUMN in the Jakarta Post 2013


Citation Format:
Abstract

Dalam sebuah surat kabar terdapat beberapa kolom yang memiliki fungsi berbeda-beda. Oleh karena itu, sebuah kolom di surat kabar memiliki genrenya masing-masing. Dalam skripsi ini, penulis tertarik untuk menganalisis genre pada sebuah kolom yang berjudul “This odd world” dalam the Jakarta Post. Penulis bermaksud menemukan alasan, mengapa kolom ini berjudul seperti itu. Kolom tersebut memiliki karakteristik, yaitu diterbitkan setiap hari dengan tema yang berbeda-beda, dan selalu menceritakan suatu hal ataupun peristiwa aneh, tidak biasa. Untuk mendukung analisis tersebut, penulis menggunakan teori Genre dan Systemic Functional Grammar. Penulis membatasi persoalan pada analisis terhadap tipe-tipe genrenya saja. Tujuan dari skripsi ini adalah mengidentifikasi tipe genre dari kolom tersebut dengan menemukan fungsi sosial, struktur umum, dan ciri-ciri yang penting.

Data yang digunakan berupa klausa-klausa yang muncul dalam kolom tersebut pada edisi April 2013. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah Documentary method, dan dilengkapi dengan tehnik Purposive Sampling. Dalam menganalisa data, penulis menggunakan metode Referential Identity oleh Sudaryanto dengan mengaplikasikan teori Type of Genre, Transitivity system, dan Nominal group dari Gerot dan Wignell sebagai referensi bahasa. Penulis juga menggunakan Quantitative and Qualitative methods untuk membuat persentasi analisis ciri-ciri yang penting dari kolom tersebut, dan menginterpretasikan hasil dari quantitative data.

Hasil analisis menunjukan bahwa secara umum, ciri-ciri yang penting dari kolom tersebut adalah penggunaan  material process, specific human or non-human participant, place and time circumstances, specific deictic and classifier sebagai modifier, dan simple present and past tense. Terdapat lima tipe genre yang cocok ataupun terdeteksi pada kolom tersebut, yaitu Spoof text, Recount text, News Item text, Anecdote text, dan Description text. Tipe genre yang sering muncul adalah Anecdote text. Penulis tidak bisa menentukan struktur umum dari kolom tersebut karena setiap tipe genre memiliki struktur yang berbeda. Dari keseluruhan data, penulis dapat menarik kesimpulan bahwa setiap data dengan tipe genre yang berbeda sebenarnya memiliki kesamaan, yaitu menceritakan tentang hal atau peristiwa yang aneh.

 

Fulltext View|Download

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.