IDENTIFYING NARRATOR’S NEGOTIATION IN THE PROGRAM OF DISCOVERY CHANNEL A STUDY CASE OF THE BERMUDA TRIANGLE EXPOSED

Anna Maria Niera

Abstract


      Proses komunikasi merupakan bentuk negosiasi antara penutur dan pendengar untuk menyampaikan tujuan atau maksud tertentu baik secara eksplisit maupun implisit. Dalam skripsi ini, penulis tertarik menganalisa bagaimana seorang penutur menegosiasikan sikap-sikap yang ia miliki ke dalam ujarannya. Penulis memilih video dari Discovery Channel yang berjudul ‘The Bermuda Triangle Exposed’ sebagai bahan penelitian. Fokus skripsi ini adalah cara narator video tesebut melibatkan sikapnya terhadap apa yang ia bahas. Penulis menggunakan teori utama appraisal system dengan mood system sebagai teori pembantu. Penulis membatasi pembahasan persoalan hanya pada analisa terhadap attitude items yang ia temukan dalam ujaran penutur.

      Tujuan skripsi yaitu mendeskripsikan bentuk attitude items yang ditemukan dalam ujaran narator video ‘The Bermuda Triangle Exposed’ serta menyimpulkan sikap yang sebenarnya dimiliki oleh narator tersebut. Data yang digunakan berupa kalimat atau ujaran penutur yang mengandung attitude items. Metode pengambilan contoh menggunakan purposive sampling technique dan teori Sudaryanto (1993) yaitu metode simak bebas libat cakap. Dalam menganalisis data, penulis menggunakan teori appraisal system dari Martin and Rose (2003). Selain itu, untuk memudahkan penganalisaan, penulis menggunakan teori mood system dari Gerot and Wignel (1994) dan Halliday and Matthiessen (2004).

      Hasil dari analisa menyebutkan bahwa secara keseluruhan, narator cenderung menyatakan sikap gelisah dan merasa tidak aman terhadap kekuatan Segitiga Bermuda. Selain itu, lebih dari setengah attitude items merupakan appreciation yang berarti penulis lebih memfokuskan sikapnya pada penilaian tentang Segitiga Bermuda baik secara fisik maupun sifat. Narator juga cenderung lebih menggunakan kata-kata yang justru menguatkan informasi yang ia sampaikan daripada menggunakan kata-kata yang melemahkannya. Selain itu, narrator menggunakan projecting a clause untuk menyampaikan sumber ujaran nya dan memberi batasan jelas terhadap opini yang bukan miliknya sendiri.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.