skip to main content

Bicultural Family and Ethnocentrism In “In The American Society” Short Story By Gish Jen


Citation Format:
Abstract

“In The American Society” adalah cerita pendek tentang sebuah keluarga Cina yang tinggal di negara Amerika. Mr. Chang, sang kepala keluarga sangat menjunjung tinggi budaya Cina dan tidak dapat beradaptasi bahkan menerima kebudayaan Amerika meskipun sudah lama tinggal di Amerika. Sifat Mr. Chang ini juga terdapat pada salah satu tokoh yang muncul dalam cerita ini yaitu Jeremy. Meskipun Mr. Chang adalah seseorang yang memegang teguh budaya leluhurnya, istri dan kedua putrinya dapat beradaptasi dengan kebudayaan Amerika. Karena adanya budaya Amerika dan Cina dalam kehidupan keluarga Chang, maka keluarga Mr. Chang adalah salah satu contoh bicultural family di negara Amerika.

 

            Penulis memutuskan untuk membahas lebih lanjut mengenai karakter Mr. Chang dan Jeremy. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk menganalisis lebih dalam mengenai ethnocentrism yang terdapat dalam diri Mr. Chang dan Jeremy. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kepustakaan. Sementara metode pendekatan yang diterapkan adalah metode pendekatan intrinsik dan ekstrinsik.

 

Penelitian dilakukan dengan mencocokkan ciri-ciri ethnocentrism yang mengacu kepada sifat-sifat Mr. Chang dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan untuk Jeremy berdasarkan perilaku yang ia tunjukkan kepada Mr. Chang. Dalam cerita ini pertemuan mereka dalam sebuah pesta memunculkan sifat ethnocentrism dalam diri mereka masing-masing dan memunculkan sebuah konflik berujung perselisihan pada kedua belah pihak. Dari hasil penelitian tersebut, didapatkan hasil bahwa karakter Mr. Chang dan Jeremy dalam cerita pendek “In The American Society” mempunyai semua ciri-ciri ethnocentrism di dalam dirinya. Untuk bicultural family dalam cerita ini menjelaskan tentang budaya Cina dan Amerika yang terdapat dalam kehidupan keluarga Chang. Beberapa contoh bicultural family yang terjadi kepada istri dan anak-anak Mr. Chang menegaskan bahwa meski mereka dapat beradaptasi dengan budaya Amerika tetapi mereka tidak melupakan budaya asli mereka. Mereka dapat memposisikan dirinya sebagai orang Cina dengan kebudayaannya dan orang Cina yang hidup di Amerika. Oleh karena itu, setelah membaca skripsi ini, diharapkan pembaca dapat mengetahui apa saja makna bicultural family dan ciri-ciri serta akibat dari ethnocentrism.

Fulltext View|Download

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.