Conversational Implicature in the Wuthering Heights Movie (A Study in Pragmatic Approach)

Evi Endang Wijayanti

Abstract


Studi ini disusun untuk mempelajari lebih mendalam tentang implikatur percakapan dalam bahasa lisan yang mengandung makna implisit dari suatu pernyataan. Topik yang diambil penulis adalah implikatur percakapan yang terkandung dalam ujaran pemeran utama dalam film “Wuthering Heights”, di mana ujaran yang diungkapkan oleh pemeran utamanya banyak yang mengandung makna implisit. Dengan demikian, penulis mempelajarinya yang dituangkan dalam bentuk final project berupa extended essay.

Penulis menggunakan pendekatan Pragmatik untuk menyusun dan mengolah data yang berupa ujaran-ujaran pemeran utama dalam film “Wuthering Heights” yang mengandung implikatur percakapan. Sementara metode studi yang digunakan adalah metode kualitatif dengan metode pengamatan SBLC (simak bebas libat cakap) sebagai metode pengumpulan data dan menggunakan teknik mencatat sebagai teknik lanjutannya. Sedangkan untuk metode analisis data, penulis menggunakan metode padan, dimana penulis mencoba memadankan teori yang digunakan dengan data yang dianalisis.

Berdasar hasil analisis data, dapat ditarik kesimpulan bahwa ada kepadanan antara teori Pragmatik yang digunakan untuk menganalisis data, sehingga rumusan masalah dalam studi ini dapat terjawab dengan hasil analisis. Selain itu, hasil studi juga menunjukkan bahwa sepuluh ujaran pemeran utama yang dikaji oleh penulis terbukti mengandung implikatur percakapan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.