BibTex Citation Data :
@article{LANTERN5419, author = {Dina Astuti}, title = {ENGLISH GRAMMATICAL ERRORS MADE BY FIRST GRADE STUDENTS OF SMP N 1 LASEM ACADEMIC YEAR 2012/2013}, journal = {LANTERN (Journal on English Language, Culture and Literature)}, volume = {3}, number = {1}, year = {2014}, keywords = {}, abstract = { Dalam pembelajaran bahasa inggris terdapat banyak aspek yang harus diperhatikan. Dalam skripsi ini, penulis tertarik menganalisa kesalahan gramatikal yang sering kali dilakukan oleh pembelajar. Penulis memilih data kesalahan dari lembar latihan menulis oleh Siswa SMP N 1 LASEM periode 2012/2013. Data yang digunakan berupa kalimat-kalimatdan frasa-frasa dimana didalamnya terdapat kesalahan gramatikal. Hal yang menjadi focus dalam skripsi inia dalah kesalahan gramatikal apa saja yang dapa tmuncul di lembar latihan menulis Siswa. Tujuan penulisan skripsi ini adalah mengidentifikasi kesalahan gramatikal tersebut sesuai dengan dasar terminologi yang diterbitkan oleh Azar. Kemudian kesalahan-kesalahan yang sama tersebut dianalisa kembali untukmen deskripsikan kesalahan klasifikasi struktur taksonomi menurut Dulay, Burt dan Krashen. Hasil analisa penulis menemukan bahwa masih banyak kesalahan-kesalahan dasar grammar yang terjadi. Penulis menemukan kesalahan dasar grammar sejumlah 46 kesalahan. Tipe grammar SVO ditemukan 50%, preposition and prepositional phrase ditemukan 13,04%, Adjective ditemukan 8,69%, Adverb ditemukanhanya 2,17%, the verb Be ditemukan 10,86%, Linking verb ditemukan 10,86%, personal pronoun hanya 4,34 % dan constraction tidak ditemukan atau 0%. Sedangkan untuk struktur taksonomi omission ditemukan 25%, addition ditemukan sejumlah 9,1 %, misinformation di temukan sampai 47,72 %, dan misordening ditemukan 18,18%. Penulis juga menemukan beberapa contoh kesalahan preposisi yang dipengaruhi oleh struktur bahasa Indonesia. Sebagai pembelajar tingkat pertama di SMP, Siswa-siswa memiliki kemampuan yang cukup dalam berbahasa inggris dilihat dari kesalahan yang relative tidak banyak. }, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/engliterature/article/view/5419} }
Refworks Citation Data :
Dalam pembelajaran bahasa inggris terdapat banyak aspek yang harus diperhatikan. Dalam skripsi ini, penulis tertarik menganalisa kesalahan gramatikal yang sering kali dilakukan oleh pembelajar. Penulis memilih data kesalahan dari lembar latihan menulis oleh Siswa SMP N 1 LASEM periode 2012/2013. Data yang digunakan berupa kalimat-kalimatdan frasa-frasa dimana didalamnya terdapat kesalahan gramatikal. Hal yang menjadi focus dalam skripsi inia dalah kesalahan gramatikal apa saja yang dapa tmuncul di lembar latihan menulis Siswa. Tujuan penulisan skripsi ini adalah mengidentifikasi kesalahan gramatikal tersebut sesuai dengan dasar terminologi yang diterbitkan oleh Azar. Kemudian kesalahan-kesalahan yang sama tersebut dianalisa kembali untukmen deskripsikan kesalahan klasifikasi struktur taksonomi menurut Dulay, Burt dan Krashen.
Hasil analisa penulis menemukan bahwa masih banyak kesalahan-kesalahan dasar grammar yang terjadi. Penulis menemukan kesalahan dasar grammar sejumlah 46 kesalahan. Tipe grammar SVO ditemukan 50%, preposition and prepositional phrase ditemukan 13,04%, Adjective ditemukan 8,69%, Adverb ditemukanhanya 2,17%, the verb Be ditemukan 10,86%, Linking verb ditemukan 10,86%, personal pronoun hanya 4,34 % dan constraction tidak ditemukan atau 0%. Sedangkan untuk struktur taksonomi omission ditemukan 25%, addition ditemukan sejumlah 9,1 %, misinformation di temukan sampai 47,72 %, dan misordening ditemukan 18,18%. Penulis juga menemukan beberapa contoh kesalahan preposisi yang dipengaruhi oleh struktur bahasa Indonesia. Sebagai pembelajar tingkat pertama di SMP, Siswa-siswa memiliki kemampuan yang cukup dalam berbahasa inggris dilihat dari kesalahan yang relative tidak banyak.
Last update: