Genre Analysis on Company Profile

Mella Narolita

Abstract


Profil perusahaan merupakan instrumen penting bagi suatu perusahaan untuk
memperkenalkan perusahaan tersebut kepada masyarakat dan investor yang
memiliki potensi sebagai sebuah genre. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kualitatif dengan kecenderungan semi kuantitatif. Pendekatan semi kuantitatif
digunakan untuk menghitung presentase fitur-fitur linguistik seperti tipe proses,
tenses, circumstantial elements, dan modifiers dalam nominal group, sedangkan
pendekatan kualitatif digunakan untuk menginterpretasikan fitur dan struktur
linguistik, serta fungsi sosial dari profil perusahaan. Data penelitian  diambil
dengan teknik random sampling yang terdiri dari 134 klausa dari profil-profil
perusahaan yang diambil dari situs resmi lima perusahaan yaitu Sony Corporation,
Chevron Corporation, Martha Tilaar Group, Telkomsel, dan Manulife Indonesia.
Dalam menganalisis data, penulis mengaplikasikan konsep genre dari Gerot dan
Wignell dikombinasikan dengan teori Transitivity dan konsep nominal group dari
Halliday dan Matthiessen, serta metode distribusi dan teknik permutasi oleh
Sudaryanto. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profil perusahaan sebagai sebuah
genre memiliki fitur dan struktur linguistik, serta fungsi sosial tertentu. Sebuah profil
perusahaan memiliki fitur linguistik yang didominasi oleh partisipan spesifik,
Classifier dan specific Deictic dalam nominal group, proses Material, dan Simple
Present tense. Struktur linguistik profil perusahaan terdiri dari dua bagian yaitu
identifikasi dan deskripsi. Fungsi sosial profil perusahaan adalah untuk
mendeskripsikan suatu perusahaan dari hal yang umum ke hal yang khusus.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.