skip to main content

THE UNITED STATES MILITARY HEGEMONY TOWARD THE TIPTON THREE IN THE DOCUDRAMA MOVIE THE ROAD TO GUANTANAMO


Citation Format:
Abstract

Hegemoni merupakan suatu kontrol atau kepemimpinan yang dilakukan oleh suatu negara terhadap negara lain untuk mendapatkan suatu dominasi baik secara paksaan maupun dengan cara kooperatif. Hegemoni ini bisa dilihat dalam beberapa aspek, seperti pada aspek politik, sosial, maupun ekonomi. Dalam film The Road to Guantanamo terlihat adanya bentuk hegemoni yang dilakukan oleh militer Amerika Serikat sebagai alat dari tekanan pemerintah Amerika Serikat untuk mendapatkan kekuatan politik terhadap tiga orang tokoh utama yang biasa disebut Tipton Three yang berasal dari Pakistan.

Tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui latar belakang terjadinya hegemoni militer dan apa saja bentuk-bentuk hegemoni yang dilakukan oleh para militer Amerika Serikat terhadap tokoh Tipton Three. Dalam analisis pada skripsi ini, penulis menggunakan metode penelitian kepustakaan, metode pendekatan eksponensial untuk menganalisis unsur intrinsik, serta menggunakan teori Hegemony dari Antonio Gramsci untuk membahas unsur ekstrinsik.

Hasil analisis menunjukkan bahwa peristiwa 11 September 2001 dan adanya kerjasama antara pemerintah Amerika Serikat dan pemerintah Inggris dalam hal terorisme menjadi latar belakang terjadinya hegemoni militer Amerika Serikat. Selain itu, bentuk dari hegemoni ini meliputi penangkapan tokoh Tipton Three oleh militer Amerika Serikat dengan sewenang-wenang dan tanpa melalui penyelidikan latar belakang, adanya pemaksaan dan pemalsuan bukti serta dokumen oleh militer Amerika Serikat terhadap Tipton Three, serta penyiksaan yang kejam baik secara fisik maupun psikis terhadap Tipton Three.
Fulltext View|Download
Keywords: The Road to Guantanamo, Hegemony, Tipton Three, Militer Amerika Serikat.

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.