FIGURES OF SPEECH IN FOOTBALL MATCH REPORTS

Fenty Ida Susanti

Abstract


Dalam penulisan sebuah berita laporan sepakbola, wartawan sering menggunakan bahasa kiasan, sebagai salah satu strategi untuk menggambarkan kembali jalannya pertandingan. Penelitian ini bertujuan untuk mengklasifikasikan dan mendeskripsikan gaya bahasa yang banyak digunakan dalam berita laporan pertandingan sepakbola.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, karena mendeskripsikankan gaya bahasa yang terdapat dalam berita laporan pertandingan sepakbola. Peneliti menggunakan teknik Simak Bebas Libat Cakap dalam mengumpulkan data karena data yang berkaitan dengan penelitian ini berasal dari empat surat kabar online: The Daily Mail, The Telegraph, The Daily Mirror, dan The Guardian. Dengan menggunakan purposive sampling, penulis memilih delapan berita laporan pertandingan sepakbola yang banyak mengandung bahasa kiasan. Metode agih digunakan sebagai metode analisisa data untuk mengidentifikasi dan menjelaskan penggunaan gaya bahasa dalam laporan pertandingan sepak bola.

Dari hasil analisa, penulis menemukan bahwa jenis gaya bahasa yang terdapat dalam laporan pertandingan sepakbola adalah simile, metafora, personifikasi, kiasan, eponim, sinekdok, metonimi, antonomasia, ironi, dan pun. Jenis gaya bahasa yang sering digunakan oleh penulis berita laporan sepakbola adalah metafora. Gaya bahasa banyak digunakan oleh wartawan untuk membuat berita laporan sepakbola menjadi lebih menarik, dan untuk membangkitkan emosi pembaca. Penggunaan gaya bahasa dalam berita laporan pertandingan sepakbola dapat dikategorikan menjadi dua fungsi utama, yaitu: menggambarkan interaksi antara pemain atau tim dan mendeskripsikan interpretasi wartawan terhadap peristiwa yang terjadi dalam pertandingan tersebut.


Full Text:

Full Text.pdf

Refbacks

  • There are currently no refbacks.