skip to main content

Pragmatic Presupposition on Television Commercial Utterances

*Dian Indriani  -  , Indonesia

Citation Format:
Abstract
Praanggapan atau presuposisi merupakan suatu prakeadaan yang diasumsikan dari suatu ujaran. Skripsi ini mencoba menjelaskan praanggapan dalam iklan televisi, dalam hal ini iklan rokok dari merek Djarum yang tayang selama tahun 2012. Tujuan dari penelitian ini adalah penulis ingin mendeskripsikan jenis praanggapan pada ujaran-ujaran yang terdapat pada iklan Djarum. Di samping itu, penelitian ini juga mencoba menjelaskan fungsi dari jenis praanggapan pada struktur analisis wacana periklanan dari masing-masing ujaran. Dalam menganalisa data, penulis menggunakan metode agih. Teknik yang digunakan adalah teknik dasar (bagi unsur langsung), dan teknik lanjutan yang berupa teknik ganti, perluas, ubah wujud, dan negasi. Data didapat dengan menggunakan teknik dokumentasi berupa pengumpulan data dari website. Kemudian data dipilih dengan menggunakan purposive sampling. Data yang dianalisis adalah ujaran-ujaran dalam iklan yang mengandung indikator praanggapan. Data disajikan dalam bentuk deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 18 ujaran dari 66 ujaran yang terdapat pada 14 iklan televisi Djarum mengandung indikator praanggapan. Penulis juga menemukan jika satu ujaran mempunyai kemungkinan mengandung dua indikator praanggapan yang dapat dikategorikan menjadi dua jenis praanggapan yang berbeda. Ujaran yang mengandung indikator praanggapan tersebut dapat dikategorikan menjadi jenis praanggapan, yaitu: 12 Existential Presupposition (52,2%), 2 Factive Presupposition (8,7%), 3 Lexical Presupposition (13,1%), 3 Non-factive Presupposition (13,1%), 2 Structural Presupposition (8,7%), dan 1 Counterfactual Presupposition (4,2%). Kata kunci: praanggapan, pragmatik, ujaran, iklan televisi, rokok, Djarum
Fulltext View|Download

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.