Word Formation Analysis On English Terms From Toyota Yaris (A Case Study on Automotive Magazine, The Edition of January to March 2012)

Mubarirotul Azkiyah

Abstract


Melalui bahasa seseorang dapat berinteraksi dan berkomunikasi satu sama lain. Bahasa selalu berkembang dari waktu ke waktu. Pemahaman struktur bahasa berkaitan dengan cabang ilmu linguistik yaitu morfologi. Penelitian ini mengkaji tentang kata-kata yang terdapat pada Majalah Otomotif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembentukan istilah teknologi dari Toyota Yaris yang terdapat di Majalah Otomotif, edisi Januari hingga maret 2012.

Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori tentang pembentukan kata yang diambil dari beberapa pakar linguistik, sepertiĀ  diambil dari Hatch & Brown (1995), O'Grady & Guzman (1996) dan Francis Katamba (1993).

Teori dan jenis penelitian ini adalah deskriptif-kualitatif, karena penelitian ini berusaha mendeskripsikan temuan-temuan dengan kata-kata. Data penelitian ini dikumpulkan dengan teknik dokumentasi dan metode Simak Libat Bebas Cakap. Sedangkan dalam menganalisis data, penulis menggunakan teknik Padan dan Agih dengan teknik lanjutan teknik lesap dan perluasan. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan kata-kata teknologi yang terdapat pada Majalah Otomotif.

Hasil penelitian menyimpulkan ada berbagai proses pembentukan kata yaitu 7 diantaranya merupakan proses borrowing, 1 coinage, 32 compounding, 17 initialization dan acronym, 6 blending, 6 conversion, 22 derivation dan 7 inflection. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa proses compounding merupakan proses yang sering terjadi pada istilah Berbahasa Inggris dari Toyota Yaris yang terdapat pada Majalah Otomotif.


Full Text:

full text pdf

Refbacks

  • There are currently no refbacks.