skip to main content

Power Abuse of Police Department in Law Enforcement toward Criminal Suspects in the Highest Crime Area as reflected on Brooklyn’s Finest Film


Citation Format:
Abstract

Objek kajian dari skripsi ini merupakan sebuah film produksi Overture dan Millennium Film yang berjudul Brooklyn’s Finest. Film ini disutradarai oleh Antoine Fuqua. Film bergenre drama action ini mengangkat tema tentang penyalahgunaan kekuasaan dan ketidakadilan yang terjadi pada masyarakat yang bermukim di daerah yang memiliki tingkat kriminalitas tertinggi. Daerah tersebut bernama Proyek BK dan mayoritas penduduknya adalah Afrika Amerika. Kejahatan dan ketidakadilan yang ditampilkan dalam film ini dilakukan oleh penegak hukum yaitu departemen kepolisian. Baik departemen kepolisian ataupun petugas secara individual melakukan tindak kejahatan terhadap tersangka kriminal.

Dalam proses menganalisis film tersebut penulis menggunakan metode studi pustaka dengan melalui pendekatan sosiologi. Secara lebih detil, penulis menggunakan hukum tertulis yang berlaku di Amerika dan tugas-tugas departemen kepolosian sebagai pedoman untuk menilai bentuk-bentuk kejahatan yang terjadi pada tersangka kriminal.

Ketidakadilan dan penyalahgunaan yang dilakukan oleh departemen kepolisian tidak hanya dilakukan terhadap masyarakat kulit hitam tetapi juga kulit putih. Penyalahgunaan kekuasaan ini terjadi karena dilatarbelakingi oleh beberapa alasan. Ada beberapa petugas polisi korup yang membunuh dan mencuri dari warga dan tersangka kejahatan. Sedangkan departemen kepolisian berusaha untuk mengubah fakta-fakta yang terjadi di lapangan demi menjaga nama baik kepolisian. Departemen kepolisian yang bertugas sebagai penegak hukum seharusnya memperbaiki sistem yang ada dan tidak melakukan penyalahgunaan kekuasaan terhadap tersangka kejahatan karena mereka juga manusia dan berhak menerima pengadialan yang adil serta perlindungan hak-hak asasi manusia.

Fulltext View|Download

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.