skip to main content

Racial Prejudice to Black Americans in Social Life seen in Higher Learning Movie by John Singleton


Citation Format:
Abstract

Amerika adalah negara multiras yang didominasi oleh bangsa kulit putih. Secara otomatis mereka merasa bahwa bangsa mereka merupakan bangsa yang memiliki status sosial tertinggi diantara bangsa lain. Kondisi ini menimbulkan berbagai macam bentuk rasisme. Hal inilah yang terjadi dalam film Higher Learning: Penulis tertarik mengambil fil ini sebagai objek penelitian karena film ini sangat kental dengan isu rasis yang terjadi pada bangsa Afrika Amerika. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan bahwa prasangka negatif terhadap ras Afrika Amerika belum bisa dihilangkan walaupun jaman telah berubah.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kajian pustaka dengan menggunakan pendekatan sosial untuk meneliti pengaruh masa lalu yang dalam sejarah bangsa kulit hita adalah budak dengan pergaulan mereka pada tahun 1995. Dalam pendekatan ini penulis menganalisa setiap karakter utama dan konflik yang terjadi antar tokoh akibat prasangka ras.

Penelitian ini mengungkapkan bahwa pada tahun 1995 prasangka negatif terhadap suatu ras di Universitas Columbus Amerika, khususnya bangsa kulit hitam masih sulit untuk dihapuskan karena stereotype bangsa kulit hitam yang menganggap ras Afrika Amerika adalah budak yang tidak pantas untuk bergaul dengan mereka. Hal ini memberikan dampak yang buruk bagi mental serta pergaulan mereka di kampus. Prasangka negatif tersebut adalah hasil dari kebencian rasial yang masih tersisa di daerah Texas sebagai akibat dari sejarah perbudakan di Amerika Serikat. Faktanya, pada tahun 1989 bangsa Afrika Amerika mulai membuktikan bahwa mereka dapat bangkit dan sejajar dengan bangsa kulit putih. Namun, keadaan tersebut tidak mengubah mindset kulit putih Amerika agar mau menerima bangsa Afrika Amerika sebagai bagian dari warga Amerika, sehingga prasangka ras yang dialami oleh bangsa Afrika Amerika tersebut masih tetap ada sekalipun pada tahun 1995. Pada akhirnya konflik antar ras tidak dapat terelakkan.

Kata kunci: multiras, prasangka, konflik, Universitas Columbus, Higher Learning
Fulltext View|Download

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.