WALTER WHITE’S MOTIVATION IN TV SERIES BREAKING BAD S01E01 (PILOT)

MIFTAH FARIS DIMYATI

Abstract


Motivasi merupakan elemen yang penting di dalam hidup. Ketika seseorang menginginkan sesuatu, mereka membutuhkan motivasi sebagai alat pendorong untuk mendapatkannya. Dalam skripsi ini, penulis tertarik untuk menganalisa elemen - elemen yang membentuk motivasi seseorang untuk mendapatkan apa yang dia inginkan. Penulis memilih TV Seri Breaking Bad karya Vince Gilligan sebagai bahan penelitian. Hal yang menjadi fokus dalam skripsi ini adalah bagaimana Walter bisa terdorong untuk membuat meth daripada menikmati sisa hidupnya bersama keluarga setelah mengidap penyakit kanker paru – paru yang tidak bias disembuhkan. Tujuan penelitian skripsi ini adalah untuk menganalisa faktor - faktor yang mempengaruhi tindakan Walter. Data yang digunakan berupa episode pertama di musim pertama TV Seri Breaking Bad yang berjudul Pilot. Metode penelitian menggunakan metode pustaka.

Untuk mencapai tujuan tersebut, penulis menggunakan teori ekspetansi motivasi dari Victor H. Vroom. Penulis membatasi persoalan hanya pada analisa terhadap tindakan yang dilakukan Walter sebelum dan sesudah mendengar tentang penyakitnya.

Hasil analisa menunjukkan bahwa tindakan Walter dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu kondisi kesehatan, kondisi finansial keluarga, dan latar belakang pendidikan yang membuat dirinya yakin untuk bisa mendapatkan uang dan keamanan finansial bagi keluarganya


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.