Presupposition of the Narrator’s Utterances in Silet Infotainment

WINDA ASTUTI

Abstract


Praanggapan atau presuposisi merupakan asumsi tersirat yang menyertai ujaran-ujaran tertentu.Meskipun tidak terucap secara langsung, asumsi tersebut tetap tersampaikan.Praanggapan atau presuposisi dapat diteliti dalam kegiatan penyampaian informasi melalui program yang ditayangkan oleh televisi.Salah satu program televisi yang bertujuan menyampaikan informasi adalah infotainment.Dalam Skripsi ini, penulis mencob amenguraikan praanggapan atau presuposisi yang terdapat dalam ujaran narrator infotainment Silet.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi jenis-jenis pemicupra anggapan yang muncul dalam ujaran narrator infotainment Silet.Penulis juga akan mencoba menguraikan fungsi-fungsi dari pranggapan yang terdapat dalam ujaran narrator infotainment Silet.

Dalam mengumpulkan data, penulis menggunakan metode observasinon-participant dan dilanjutkan dengan teknik catat.Data kemudian dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling.Penulis menggunakan metodepa dan pragmatic, metode refleksi fintrospektif, dan teknik hapus untuk menganalisis data. Data yang dianalisi oleh penulis merupakan ujaran-ujaran yang mengandung praanggapan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 55 ujarandari 108 ujaran narrator yang mengandung praanggapan.Penulis menemukan bahwa satu ujaran mempunyai kemungkinan untuk memiliki lebih dari satu pemicu praanggapan yang mewakili jenis praanggapan yang berbeda.Penulis lalu mengkategorikan praanggapan tersebut berdasar jumlah pemicu praanggapan yang ditemukan. Kategori tersebutadalahpemicutunggal, pemicuganda, danpemicujamak.Berkaitandenganpraanggapantersebut, terdapattigafungsipraanggapandalamujarannarrator.Fungsitersebutadalahmendukungposisinarrator, menuntunasumsipenonton, dan menumbuhkan kepercayaanpenonton

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.