A SEMIOTIC ANALYSIS OF THE ADVERTISEMENTS OF BUKALAPAK COMPARED TO TOKOPEDIA AND ELEVENIA

Diah Wahyu Asih

Abstract


Pertumbuhan jual beli online (e-commerce) di Indonesia saat ini berkembang sangat pesat, termasuk pertumbuhan website berbasis C2C. Di Indonesia, terdapat 3 situs jual beli online terbesar berbasis C2C yang iklannya cukup gencar ditayangkan di televisi. Dari ketiga website tersebut, Bukalapak adalah website jual beli onine yang paling banyak diakses orang untuk transaksi online. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari tahu makna denotasi, makna konotasi dan pesan yang disampaikan oleh iklan Bukalapak sehingga menarik orang untuk mengaksesnya. Iklan yang saya analisis adalah iklan yang ditayangkan di televisi pada awal tahun 2015 hingga awal tahun 2016, antara lain iklan Bukalapak edisi Batu Akik dan Paket, iklan Tokopedia edisi Isyana vs. Gangster, dan Iklan Elevenia edisi Raisa ketemu Preman. Metode yang digunakan dalam menganalisis iklan tersebut adalah interpretative qualitative. Analisis dilakukan dengan menginterpretasikan setiap iklan dengan teori semiotik Roland Barthes. Hasil analisis menunjukkan bahwa orang lebih tertarik untuk mengakses website yang memberikan konsep aman daripada website yang menyediakan banyak pilihan barang maupun harga yang lebih murah.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.