ENGLISH GRAMMATICAL ERRORS IN THE ABSTRACT SECTION OF CIVIL ENGINEERING STUDENTS’ THESIS DIPONEGORO UNIVERSITY

Wahyu Hidayati

Abstract


Academic writing adalah sebuah kegiatan atau aktivitas menulis sebuah karya menggunakan bahasa yang formal dan menggunakan sudut pandang orang ketiga.  Academic writing memiliki tiga bagian yang berbeda yaitu pengenalan masalah, isi, dan kesimpulan. Salah satu contoh dari academic writing adalah abstrak. Abstrak merupakan rangkuman/ intisari dari sebuah dokumen yang memiliki lima bagian penting yaitu latar belakang masalah, tujuan, metode, hasil, dan kesimpulan.

Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan kesalahan gramatikal yang dibuat oleh mahasiswa Teknik Sipil, Universitas Diponegoro dalam menyusun abstrak untuk tugas akhir mereka. Selain itu, penelitian ini juga menjelaskan tentang faktor terjadinya kesalahan-kesalahan tersebut. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 5 abstrak yang diambil dari tugas akhir yang dibuat oleh mahasiswa Teknik Sipil Undip dari berbagai tahun.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan gramatikal yang terdapat dalam abstrak tersebut adalah berupa Omission, Addition, Misformation, dan Misordering. Hal tersebut dikarenakan oleh beberapa faktor yaitu: carelessness, first language interference, dan translation. Kesalahan yang paling dominan dalam penelitian ini adalah pada kategori Misformation (19 kesalahan) sedangkan kesalahan yang paling sedikit terjadi adalah pada kategori Misordering (1 kesalahan).


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.