Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia
BibTex Citation Data :
@article{EMPATI7525, author = {Roro Wiratih and Imam Setyawan}, title = {HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN SPIRITUAL DENGAN DISIPLIN SEKOLAH PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM}, journal = {Jurnal EMPATI}, volume = {3}, number = {2}, year = {2014}, keywords = {Kecerdasan Spiritual,Disiplin Sekolah, Siswa SMP Islam}, abstract = { Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan spiritual dengan disiplin sekolah pada siswa SMP Islam. Kecerdasan spiritual adalah kemampuan yang membangun individu secara utuh untuk menghadapi dan memecahkan permasalahan yang ada serta untuk menilai bahwa kehidupan ini lebih bermakna dibandingkan dengan yang lain. Disiplin sekolah adalah kemampuan siswa dalam menjalani nilai-nilai ketaatan, kesetiaan, kepatuhan, dan ketertiban dalam menyesuaikan diri dengan tuntutan yang ada di lingkungan sekolah. Populasi target dalam penelitian ini yaitu semua siswa kelas VII, VIII, IX SMP Islam. Populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII, VIII, IX SMP Islam Hidayatullah dan SMP Islam Nurus Sunnah. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII, VIII, IX SMP Islam Nurus Sunnah sebanyak 110 siswa yang diambil dengan menggunakan teknik sampling cluster sampling . Pengumpulan data menggunakan dua buah skala psikologi yaitu Skala Kecerdasan Spiritual (31 aitem valid, α = 0,894) dan Skala Disiplin Sekolah (19 aitem valid, α = 0,861). Hasil penelitian menunjukkan koefisien korelasi rxy = 0,708 dengan p = 0,000 (p<0,05). Hasil tersebut menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan peneliti diterima, yaitu terdapat hubungan positif dan signifikan antara kecerdasan spiritual dengan disiplin sekolah. Semakin tinggi kecerdasan spiritual maka semakin tinggi disiplin sekolah, demikian pula sebaliknya. }, issn = {2829-1859}, pages = {309--318} doi = {10.14710/empati.2014.7525}, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/7525} }
Refworks Citation Data :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan spiritual dengan disiplin sekolah pada siswa SMP Islam. Kecerdasan spiritual adalah kemampuan yang membangun individu secara utuh untuk menghadapi dan memecahkan permasalahan yang ada serta untuk menilai bahwa kehidupan ini lebih bermakna dibandingkan dengan yang lain. Disiplin sekolah adalah kemampuan siswa dalam menjalani nilai-nilai ketaatan, kesetiaan, kepatuhan, dan ketertiban dalam menyesuaikan diri dengan tuntutan yang ada di lingkungan sekolah.
Populasi target dalam penelitian ini yaitu semua siswa kelas VII, VIII, IX SMP Islam. Populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII, VIII, IX SMP Islam Hidayatullah dan SMP Islam Nurus Sunnah. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII, VIII, IX SMP Islam Nurus Sunnah sebanyak 110 siswa yang diambil dengan menggunakan teknik sampling cluster sampling. Pengumpulan data menggunakan dua buah skala psikologi yaitu Skala Kecerdasan Spiritual (31 aitem valid, α = 0,894) dan Skala Disiplin Sekolah (19 aitem valid, α = 0,861). Hasil penelitian menunjukkan koefisien korelasi rxy = 0,708 dengan p = 0,000 (p<0,05).
Hasil tersebut menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan peneliti diterima, yaitu terdapat hubungan positif dan signifikan antara kecerdasan spiritual dengan disiplin sekolah. Semakin tinggi kecerdasan spiritual maka semakin tinggi disiplin sekolah, demikian pula sebaliknya.
Article Metrics:
Last update:
Jurnal Empati by https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article shall be assigned to Jurnal Empati and Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro as the publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all forms and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Jurnal Empati and the Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro, and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions, or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Jurnal Empati are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The Copyright Transfer Form can be downloaded here: [Copyright Transfer Form Jurnal Empati]. The copyright form should be signed originally, scanned, and uploaded as a supplementary file when submitting the manuscript.
Jurnal EMPATI published by Faculty of Psychology, Diponegoro University