HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TENTANG PERAN AYAH DENGAN BENTUK KENAKALAN REMAJA YANG MELAWAN STATUS PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI X SEMARANG

Deby Indah Trismayani, Achmad Mujab Masykur

Abstract


Masa remaja merupakan periode kehidupan yang penuh dengan dinamika dimana remaja memiliki risiko tinggi terhadap terjadinya kenakalan dan kekerasan. Remaja tumbuh dan berkembang dalam asuhan keluarga. Ayah memiliki peran yang cukup besar dalam tumbuh kembang anak menjadi remaja. Persepsi tentang peran ayah adalah penilaian individu secara kognisi terhadap perilaku yang diharapkan dari ayah.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi tentang peran ayah dengan bentuk kenakalan remaja yang melawan status pada siswa kelas XI SMA Negeri X Semarang. Penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling, dengan sampel penelitian sebanyak 311 siswa kelas XI. Pengumpulan data menggunakan dua buah skala psikologi yaitu Skala Persepsi tentang Peran Ayah (27 aitem valid,  α = 0.863) dan Skala Bentuk Kenakalan Remaja yang Melawan Status (15 aitem valid, α = 0.824). Sedangkan data dianalisis menggunakan regresi linier sederhana.

Hasil penelitian menunjukkan angka koefisien korelasi rxy = -0,549 dengan p= 0.000 (p<0.05) yang berarti terdapat hubungan negatif yang signifikan antara persepsi tentang peran ayah dengan bentuk kenakalan remaja yang melawan status pada siswa kelas XI SMA Negeri X Semarang. Semakin positif persepsi tentang peran ayah maka semakin rendah bentuk kenakalan remaja yang melawan status, begitupun sebaliknya. Variabel persepsi tentang peran ayah memberikan sumbangan efektif sebesar 30,1% pada bentuk kenakalan remaja yang melawan status dan sebesar 66,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.


Keywords


persepsi tentang peran ayah, kenakalan remaja

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------------------------

Jurnal Empati

Fakultas Psikologi UNDIP

Gedung Dekanat Fakultas Psikologi

Universitas Diponegoro - psikologi@undip.ac.id


 


Creative Commons License
Empati by http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/empati is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats