HUBUNGAN ANTARA KELEKATAN TERHADAP AYAH DENGAN KECENDERUNGAN KECANDUAN GAME ONLINE PADA REMAJA LAKI-LAKI PENGGUNA GAME ONLINE DI KABUPATEN GROBOGAN

Published: .
View
Open Access
Citation Format:
Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kelekatan terhadap ayah dengan kecenderungan kecanduan game online pada remaja laki-laki pengguna game online di Kabupaten Grobogan.

Subjek penelitian ini adalah remaja laki-laki pengguna game online di Kabupaten Grobogan. Sampel penelitian berjumlah 78 orang dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Pengambilan data menggunakan skala kecenderungan kecanduan game online (41 aitem valid dengan α=0,938) dan skala kelekatan terhadap ayah (38 aitem valid dengan α=0,908) yang telah diujicobakan pada 38 remaja laki-laki pengguna game online di Kabupaten Grobogan.

 Hasil penelitian menunjukkan koefisien korelasi rxy=-0,513 dengan p=0,000 (p<0,05), yang berarti terdapat hubungan negatif yang signifikan antara kelekatan terhadap ayah dengan kecenderungan kecanduan game online pada remaja laki-laki pengguna game online di Kabupaten Grobogan. Artinya, semakin tinggi kelekatan terhadap ayah maka semakin rendah kecenderungan kecanduan game online, sebaliknya semakin tendah kelekatan terhadap ayah maka semakin tinggi kecenderungan kecanduan game online. Kelekatan terhadap ayah memberikan sumbangan efektif sebesar 26,3% pada kecenderungan kecanduan game online dan sebesar 73,7% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diungkap dalam penelitian ini.

Keywords: Kelekatan terhadap Ayah, Kecanduan Game Online, remaja

Article Metrics: