Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia
BibTex Citation Data :
@article{EMPATI7368, author = {Nidya Agesthi and Siswati Siswati and Imam Setyawan}, title = {HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP PERAN AYAH DAN DISIPLIN DIRI DENGAN PRESTASI AKADEMIK PADA SISWA RSBI KELAS VII SMP NEGERI 4 SURAKARTA}, journal = {Jurnal EMPATI}, volume = {2}, number = {3}, year = {2013}, keywords = {Prestasi Akademik, Persepsi terhadap Peran Ayah, Disiplin Diri, RSBI}, abstract = { Penelitian bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi terhadap peran ayah dan disiplin diri dengan prestasi akademik pada siswa RSBI kelas VII SMP Negeri 4 Surakarta. Jumlah subjek dalam penelitian ini adalah 155 siswa dari 226 populasi jumlah siswa RSBI kelas VII SMP Negeri 4 Surakarta. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian adalah teknik cluster random sampling . Pengumpulan data dalam penelitian menggunakan skala, yaitu skala persepsi terhadap peran ayah dan skala disiplin diri. Skala persepsi terhadap peran ayah terdiri atas 31 aitem (α = 0,895) dan skala disiplin diri terdiri atas 34 aitem (α = 0,910). Analisis data dalam penelitian menggunakan metode analisis regresi linier berganda dengan hasil koefisien korelasi r xy = 0,690 dengan p = 0,000 (p<0,05), artinya hipotesis yang menyatakan adanya hubungan positif dan signifikan antara persepsi terhadap peran ayah dan disiplin diri dengan prestasi akademik. Semakin positif persepsi terhadap peran ayah maka semakin tinggi pula prestasi akademik siswa atau sebaliknya serta hubungan yang positif dan signifikan mengindikasikan bahwa semakin tinggi disiplin diri maka semakin tinggi pula prestasi akademik atau sebaliknya. Koefisien determinasi menunjukkan persepsi terhadap peran ayah secara simultan dapat menjelaskan perubahan prestasi akademik sebesar 43% dan disiplin diri secara simultan dapat menjelaskan perubahan prestasi akademik sebesar 26%. }, issn = {2829-1859}, pages = {445--454} doi = {10.14710/empati.2013.7368}, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/7368} }
Refworks Citation Data :
Penelitian bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi terhadap peran ayah dan disiplin diri dengan prestasi akademik pada siswa RSBI kelas VII SMP Negeri 4 Surakarta. Jumlah subjek dalam penelitian ini adalah 155 siswa dari 226 populasi jumlah siswa RSBI kelas VII SMP Negeri 4 Surakarta. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian adalah teknik cluster random sampling.
Pengumpulan data dalam penelitian menggunakan skala, yaitu skala persepsi terhadap peran ayah dan skala disiplin diri. Skala persepsi terhadap peran ayah terdiri atas 31 aitem (α = 0,895) dan skala disiplin diri terdiri atas 34 aitem (α = 0,910).
Analisis data dalam penelitian menggunakan metode analisis regresi linier berganda dengan hasil koefisien korelasi rxy = 0,690 dengan p = 0,000 (p<0,05), artinya hipotesis yang menyatakan adanya hubungan positif dan signifikan antara persepsi terhadap peran ayah dan disiplin diri dengan prestasi akademik. Semakin positif persepsi terhadap peran ayah maka semakin tinggi pula prestasi akademik siswa atau sebaliknya serta hubungan yang positif dan signifikan mengindikasikan bahwa semakin tinggi disiplin diri maka semakin tinggi pula prestasi akademik atau sebaliknya. Koefisien determinasi menunjukkan persepsi terhadap peran ayah secara simultan dapat menjelaskan perubahan prestasi akademik sebesar 43% dan disiplin diri secara simultan dapat menjelaskan perubahan prestasi akademik sebesar 26%.
Article Metrics:
Last update:
Jurnal Empati by https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article shall be assigned to Jurnal Empati and Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro as the publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all forms and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Jurnal Empati and the Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro, and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions, or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Jurnal Empati are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The Copyright Transfer Form can be downloaded here: [Copyright Transfer Form Jurnal Empati]. The copyright form should be signed originally, scanned, and uploaded as a supplementary file when submitting the manuscript.
Jurnal EMPATI published by Faculty of Psychology, Diponegoro University