skip to main content

HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP PERAN AYAH DAN DISIPLIN DIRI DENGAN PRESTASI AKADEMIK PADA SISWA RSBI KELAS VII SMP NEGERI 4 SURAKARTA

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Published: 24 Aug 2013.

Citation Format:
Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi terhadap peran ayah dan disiplin diri dengan prestasi akademik pada siswa RSBI kelas VII SMP Negeri 4 Surakarta. Jumlah subjek dalam penelitian ini adalah 155 siswa dari 226 populasi jumlah siswa RSBI kelas VII SMP Negeri 4 Surakarta. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian adalah teknik cluster random sampling.

Pengumpulan data dalam penelitian menggunakan skala, yaitu skala persepsi terhadap peran ayah dan skala disiplin diri. Skala persepsi terhadap peran ayah terdiri atas 31 aitem (α = 0,895) dan skala disiplin diri terdiri atas 34 aitem (α = 0,910).

Analisis data dalam penelitian menggunakan metode analisis regresi linier berganda dengan hasil koefisien korelasi rxy = 0,690 dengan p = 0,000 (p<0,05), artinya hipotesis yang menyatakan adanya hubungan positif dan signifikan antara persepsi terhadap peran ayah dan disiplin diri dengan prestasi akademik. Semakin positif persepsi terhadap peran ayah maka semakin tinggi pula prestasi akademik siswa atau sebaliknya serta hubungan yang positif dan signifikan mengindikasikan bahwa semakin tinggi disiplin diri maka semakin tinggi pula prestasi akademik atau sebaliknya. Koefisien determinasi menunjukkan persepsi terhadap peran ayah secara simultan dapat menjelaskan perubahan prestasi akademik sebesar 43% dan disiplin diri secara simultan dapat menjelaskan perubahan prestasi akademik sebesar 26%.

Fulltext View|Download
Keywords: Prestasi Akademik, Persepsi terhadap Peran Ayah, Disiplin Diri, RSBI

Article Metrics:

  1. Andayani, B. 2012. Peran Ayah Menuju Coparenting. Sidoarjo: Laras
  2. Coren, S., Ward, L.M., & Enns, J.T. 2004. Sensation and Perception. Fort Worth: Harcourt College Publishers
  3. Dagun, S. M. 2002. Psikologi Keluarga: Peranan Ayah dalam Keluarga. Jakarta: PT Rineka Cipta
  4. Duckworth, A. L. & Seligman, M. E. P. 2005. Self-Discipline Outdoes IQ in Predicting Academic Performance of Adolescents. American Psychological Society. Volume 16, No. 12
  5. Gunarsa, S. D. & Gunarsa, Y.S. 2009. Psikologi Untuk Membimbing, cetakan 12. Jakarta: PT BPK Gunung Mulia
  6. Hurlock, E. B. 2006. Perkembangan Anak Jilid 2. Alih bahasa: Tjandrasa, M., & Zarkasih, M. Edisi Keenam. Jakarta: Erlangga
  7. Lamb, M.E,. dkk. 2004. The Role of The Father in Child Development (4th ed). Canada: John Wiley & Sons, Inc
  8. Papalia, dkk. 2009. Human Development Perkembangan Manusia. Jakarta: Salemba Humanika
  9. Shochib, M. 2000. Pola Asuh Orangtua dalam Membantu Anak Mengembangkan Disiplin Diri. Jakarta: PT Rineka Cipta
  10. Sukmana, O. 2003. Dasar-dasar Psikologi Lingkungan. Malang: UMM Press
  11. Suryabrata. 2008. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
  12. Tu’u, T. 2004. Peran Disiplin Pada Perilaku Dan Prestasi Siswa. Jakarta: PT. Grasindo
  13. Winarsunu, T. 2009. Statistik dalam Penelitian Psikologi dan Pendidikan. Malang: UMM Press
  14. Unaradjan, D. 2003. Manajemen Disiplin. Jakarta: PT Grasindo. http://dikdas.kemdiknas.go.id/content/berita/media/rsbisbi-dibu.html, 24 April 2012, diakses pada tanggal 21 Juni 2012

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.