skip to main content

FANATISME SUPORTER SEPAKBOLA PERSIJA JAKARTA

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Published: 24 Aug 2013.

Citation Format:
Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan dan memahami perilaku fanatisme suporter sepakbola. Fanatisme adalah sikap penuh semangat yang berlebihan terhadap satu segi pandangan atau satu sebab. The Jakmania sebagai salah satu suporter fanatik terhadap klub Persija Jakarta memiliki sikap dan perilaku yang positif dalam mendukung klub kesayangan. Perilaku yang ditimbulkan suporter The Jakmania dengan tidak mau merugikan orang lain bahkan merugikan klub Persija sendiri. The Jakmania lebih banyak memunculkan kreatifitas dari pada anarkis.  Tetapi tidak dapat dipungkiri bahwa kreatifitas The Jakmania pun lebih menonjol daripada suporter lainnya di Indonesia berdasarkan kefanatikan mereka juga.

Metode penelitian fenomenologi ini, Peneliti menggunakan 3 subjek utama. Data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis menggunakan model analisis eksplikasi data yang menghasilkan temuan-temuan fanatisme suporter The Jakmania di lapangan. Temuan fanatisme suporter The Jakmania di lapangan banyak berbentuk positif.

Dari hasil penelitian diperoleh perilaku fanatik dari ketiga subjek yang bentuknya: Subjek pertama, membentuk band “traficool” dan berperan sebagai gitaris. Subjek kedua, juga tergabung dalam band “traficool” dan berperan sebagai drummer. Sedangkan subjek ketiga, menghasilkan jersey dari desain sendiri.  Motif dari ketiga subjek semata-mata karena kecintaan subjek terhadap klub Persija Jakarta. Selain itu, peneliti berhasil mengetahui bentuk perilaku fanatik yang terbagi menjadi dua yaitu fanatik individu dan kolektif beserta proses pembentukan perilakunya. The Jak Mania memiliki kesadaran dalam segala perilakunya, sehingga saat ini adanya pembenahan secara bertahap dalam diri The Jak Mania untuk menjadikan perilaku fanatiknya memiliki dampak positif bagi dirinya, klub Persija dan masyarakat sekitar.

Fulltext View|Download
Keywords: fanatisme, perilaku fanatik

Article Metrics:

  1. Abu Ahmadi. 2007. Psikologi Sosial. Jakarta: PT. Rineka Cipta
  2. Chaplin, J.P., 2008. Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: Rajawali Press
  3. Fikret Ramazanogludan Bilal Coban. 2005. Aggresiveness Behaviours of Soccer Spectators and Prevention of These Behaviours. (Firat Uneversity Journal of Sosial Science)
  4. Gerungan, W. A. 2004. Psikologi Sosial. Bandung: PT. Refika Aditama
  5. Gudykunst, William B. 2003. Asian American ethnicity and communication
  6. Moleong, Lexy J. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
  7. Santrock, John W. 2002. Life-Span Development Perkembangan Masa Hidup Jilid 2. Jakarta : Erlangga
  8. Sunaryadi, Yadi., Andi Suntoda., Lingling Usli W., Sagitarius, 2009) Analisis Perilaku Kekerasan Penonton Sepakbola (Studi Kasus pada Penonton Sepakbola di Bandung), 1-24. Diunduhdari file.upi.edu/Direktori/F%20- %20FPOK/JUR.%20PEND.%20KEPELATIHAN/196510171992031%20- %20YADI%20SUNARYADI/Penelitian/Artikel.pdf

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.