Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia
BibTex Citation Data :
@article{EMPATI7350, author = {Amelia Juwitaningrum and Endang Indrawati}, title = {HUBUNGAN ANTARA ASERTIVITAS DENGAN KEWIRAUSAHAAN PADA ANGGOTA KELOMPOK MAHASISWA WIRAUSAHA FAKULTAS EKONOMIKA DAN BISNIS UNIVERSITAS DIPONEGORO SEMARANG}, journal = {Jurnal EMPATI}, volume = {2}, number = {3}, year = {2013}, keywords = {Asertivitas, Kewirausahaan, Mahasiswa}, abstract = { Kewirausahaan merupakan kemampuan individu dalam menangani usaha dan atau kegiatan yang mengarah pada mencari, menciptakan, menerapkan cara kerja baru, teknologi baru dan produk baru atau memberi nilai tambah barang dan jasa. Wirausahawan dituntut untuk mampu mengekspresikan pikiran dan perasaan serta mempertahankan hak-hak pribadi demi perkembangan usaha yang dimiliki tanpa merugikan pihak lain. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris hubungan asertivitas dengan kewirausahaan pada anggota Kelompok Mahasiswa Wirausaha Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro Semarang. Jumlah populasi dalam penelitian terbatas, yaitu 44 orang, karena keterbatasan jumlah populasi maka penelitian akan menggunakan studi populasi. Data diambil dengan menggunakan Skala Kewirausahaan dengan 32 aitem, dan Skala Asertivitas dengan 36 aitem.Analisis data menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukan koefisien korelasi r xy= 0,615 dengan p= 0,000 (p < 0,05), yang berarti menunjukan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara asertivitas dengan kewirausahaan pada anggota Kelompok Mahasiswa Wirausaha Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro Semarang. Artinya, semakin tinggi asertivitas maka semakin tinggi kewirausahaan yang dimiliki subjek penelitian. Sebaliknya, semakin rendah asertivitas maka akan semakin rendah pula kewirausahaan yang dimiliki subjek. Asertivitas memberikan sumbangan efektif sebesar 37,9% terhadap kewirausahaan, sedangkan sisanya sebesar 62,1% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diungkap dalam penelitian ini. }, issn = {2829-1859}, pages = {271--280} doi = {10.14710/empati.2013.7350}, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/7350} }
Refworks Citation Data :
Kewirausahaan merupakan kemampuan individu dalam menangani usaha dan atau kegiatan yang mengarah pada mencari, menciptakan, menerapkan cara kerja baru, teknologi baru dan produk baru atau memberi nilai tambah barang dan jasa. Wirausahawan dituntut untuk mampu mengekspresikan pikiran dan perasaan serta mempertahankan hak-hak pribadi demi perkembangan usaha yang dimiliki tanpa merugikan pihak lain.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris hubungan asertivitas dengan kewirausahaan pada anggota Kelompok Mahasiswa Wirausaha Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro Semarang. Jumlah populasi dalam penelitian terbatas, yaitu 44 orang, karena keterbatasan jumlah populasi maka penelitian akan menggunakan studi populasi. Data diambil dengan menggunakan Skala Kewirausahaan dengan 32 aitem, dan Skala Asertivitas dengan 36 aitem.Analisis data menggunakan regresi linier sederhana.
Hasil penelitian menunjukan koefisien korelasi rxy= 0,615 dengan p= 0,000 (p < 0,05), yang berarti menunjukan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara asertivitas dengan kewirausahaan pada anggota Kelompok Mahasiswa Wirausaha Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro Semarang. Artinya, semakin tinggi asertivitas maka semakin tinggi kewirausahaan yang dimiliki subjek penelitian. Sebaliknya, semakin rendah asertivitas maka akan semakin rendah pula kewirausahaan yang dimiliki subjek. Asertivitas memberikan sumbangan efektif sebesar 37,9% terhadap kewirausahaan, sedangkan sisanya sebesar 62,1% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diungkap dalam penelitian ini.
Article Metrics:
Last update:
Jurnal Empati by https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article shall be assigned to Jurnal Empati and Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro as the publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all forms and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Jurnal Empati and the Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro, and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions, or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Jurnal Empati are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The Copyright Transfer Form can be downloaded here: [Copyright Transfer Form Jurnal Empati]. The copyright form should be signed originally, scanned, and uploaded as a supplementary file when submitting the manuscript.
Jurnal EMPATI published by Faculty of Psychology, Diponegoro University