Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia
BibTex Citation Data :
@article{EMPATI7326, author = {Aisha Prastya and Endah Mujiasih and Nofiar Putra}, title = {HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP POTONGAN HARGA DENGAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN MEMBELI PRODUK FASHION THE EXECUTIVE PADA PEGAWAI NEGERI SIPIL (PNS) BADAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DAN DESA (BAPERMADES) PROVINSI JAWA TENGAH}, journal = {Jurnal EMPATI}, volume = {2}, number = {3}, year = {2013}, keywords = {persepsi, potongan harga, pengambilan keputusan membeli, pegawai negeri sipil, fashion}, abstract = { Persaingan bisnis fashion menuntut produsen untuk memperhatikan perilaku konsumen. Perilaku konsumen akan menentukan proses pengambilan keputusan membeli konsumen. Pengambilan keputusan membeli adalah suatu pemilihan dari dua atau pilihan alternatif yaitu membeli atau tidak membeli. Pengambilan keputusan membeli konsumen dapat dipengaruhi dengan melakukan promosi penjualan yaitu dengan memberikan potongan harga. Potongan harga adalah pengurangan terhadap harga yang tercantum dalam daftar harga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi terhadap potongan harga dengan pengambilan keputusan membeli produk fashion The Executive pada pegawai negeri sipil (PNS) Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Bapermades) Provinsi Jawa Tengah. Populasi dalam penelitian ini adalah PNS Bapermades Provinsi Jawa Tengah. Sampel penelitian berjumlah 76 orang, yang diperoleh melalui teknik simple random sampling. Alat pengumpul data dalam penelitian ini adalah Skala Persepsi terhadap diskon (36 aitem α = 0,895) dan Skala pengambilan keputusan membeli produk fashion The Executive (28 aitem α = 0,882) yang telah diujicobakan terhadap 35 PNS Bapermades Provinsi Jawa Tengah. Hasil analisis data dengan metode analisis regresi sederhana menghasilkan koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,630 dengan p = 0,000 (p<0,05). Hasil tersebut menunjukkan arah hubungan positif yang signifikan antara persepsi terhadap diskon dengan keputusan membeli produk fashion The Executive pada PNS Bapermades Provinsi Jawa Tengah. Persepsi terhadap diskon memberikan sumbangan efektif sebesar 39,7% pada pengambilan keputusan membeli produk fashion The Executive pada PNS Bapermades Provinsi Jawa Tengah. }, issn = {2829-1859}, pages = {252--260} doi = {10.14710/empati.2013.7326}, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/7326} }
Refworks Citation Data :
Persaingan bisnis fashion menuntut produsen untuk memperhatikan perilaku konsumen. Perilaku konsumen akan menentukan proses pengambilan keputusan membeli konsumen. Pengambilan keputusan membeli adalah suatu pemilihan dari dua atau pilihan alternatif yaitu membeli atau tidak membeli. Pengambilan keputusan membeli konsumen dapat dipengaruhi dengan melakukan promosi penjualan yaitu dengan memberikan potongan harga. Potongan harga adalah pengurangan terhadap harga yang tercantum dalam daftar harga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi terhadap potongan harga dengan pengambilan keputusan membeli produk fashion The Executive pada pegawai negeri sipil (PNS) Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Bapermades) Provinsi Jawa Tengah.
Populasi dalam penelitian ini adalah PNS Bapermades Provinsi Jawa Tengah. Sampel penelitian berjumlah 76 orang, yang diperoleh melalui teknik simple random sampling. Alat pengumpul data dalam penelitian ini adalah Skala Persepsi terhadap diskon (36 aitem α = 0,895) dan Skala pengambilan keputusan membeli produk fashion The Executive (28 aitem α = 0,882) yang telah diujicobakan terhadap 35 PNS Bapermades Provinsi Jawa Tengah.
Hasil analisis data dengan metode analisis regresi sederhana menghasilkan koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,630 dengan p = 0,000 (p<0,05). Hasil tersebut menunjukkan arah hubungan positif yang signifikan antara persepsi terhadap diskon dengan keputusan membeli produk fashion The Executive pada PNS Bapermades Provinsi Jawa Tengah. Persepsi terhadap diskon memberikan sumbangan efektif sebesar 39,7% pada pengambilan keputusan membeli produk fashion The Executive pada PNS Bapermades Provinsi Jawa Tengah.
Article Metrics:
Last update:
Jurnal Empati by https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article shall be assigned to Jurnal Empati and Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro as the publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all forms and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Jurnal Empati and the Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro, and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions, or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Jurnal Empati are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The Copyright Transfer Form can be downloaded here: [Copyright Transfer Form Jurnal Empati]. The copyright form should be signed originally, scanned, and uploaded as a supplementary file when submitting the manuscript.
Jurnal EMPATI published by Faculty of Psychology, Diponegoro University