skip to main content

HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP POTONGAN HARGA DENGAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN MEMBELI PRODUK FASHION THE EXECUTIVE PADA PEGAWAI NEGERI SIPIL (PNS) BADAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DAN DESA (BAPERMADES) PROVINSI JAWA TENGAH

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Published: 24 Aug 2013.

Citation Format:
Abstract

Persaingan bisnis fashion  menuntut produsen untuk memperhatikan perilaku konsumen. Perilaku konsumen akan menentukan proses pengambilan keputusan membeli konsumen. Pengambilan keputusan membeli adalah suatu pemilihan dari dua atau pilihan alternatif yaitu membeli atau tidak membeli. Pengambilan keputusan membeli konsumen dapat dipengaruhi dengan melakukan promosi penjualan yaitu dengan memberikan potongan harga. Potongan harga adalah pengurangan terhadap harga yang tercantum dalam daftar harga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi terhadap potongan harga dengan pengambilan keputusan membeli produk fashion The Executive pada pegawai negeri sipil (PNS) Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Bapermades) Provinsi Jawa Tengah.

Populasi dalam penelitian ini adalah PNS Bapermades Provinsi Jawa Tengah. Sampel penelitian berjumlah 76 orang, yang diperoleh melalui teknik simple random sampling. Alat pengumpul data dalam penelitian ini adalah Skala Persepsi terhadap diskon (36 aitem α = 0,895) dan Skala pengambilan keputusan membeli produk fashion The Executive (28 aitem α = 0,882) yang telah diujicobakan terhadap 35 PNS Bapermades Provinsi Jawa Tengah.

Hasil analisis data dengan metode analisis regresi sederhana menghasilkan koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,630 dengan p = 0,000 (p<0,05). Hasil tersebut menunjukkan arah hubungan positif yang signifikan antara persepsi terhadap diskon dengan keputusan membeli produk fashion The Executive pada PNS Bapermades Provinsi Jawa Tengah. Persepsi terhadap diskon memberikan sumbangan efektif sebesar 39,7% pada pengambilan keputusan membeli produk fashion The Executive pada PNS Bapermades Provinsi Jawa Tengah.

Fulltext View|Download
Keywords: persepsi, potongan harga, pengambilan keputusan membeli, pegawai negeri sipil, fashion

Article Metrics:

  1. Dharmmestha, B. S., & Handoko, T. H. (2012). Menejemen Pemasaran (pertama ed.). Yogyakarta: BPFE
  2. Irawan, H. (2002). Winning Strategy, Strategi Efektif Merebut & Mempertahankan Pangsa Pasar. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
  3. Kotler, P. (2003). Marketing Insight A to Z, 80 Konsep yang harus Dipahami oleh Setiap Menejer. (A. Lastiati, Penerj.) Jakarta: Erlangga
  4. Peter, J. P., & Olson, J. C. (1999). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. (S. Damos, Penerj.) Jakarta: Erlangga
  5. Rangkuti, F. (2002). The Power of Brand, Teknik Mengelola Brand Equity dan Strategi Pengembangan Merek. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
  6. Sukmana, O. (2003). Dasar-Dasar Psikologi Lingkungan. Malang: UMM Press
  7. Sutisna. (2003). Peilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
  8. Sutojo, S. (2004). Peranan Penting Manajemen Pemasaran yang Efektif. Jakarta: PT Damar Mulia Pustaka
  9. Suyanto, M. (2004). Analisis Aplikasi dan Desain Multimedia Pemasaran. Yogyakarta: Andi
  10. Umar, H. (2000). Riset Pemasar dan Perilaku Konsumen. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
  11. Yunarto, H. I. (2006). Bussiness Concept Implementation Series in Sale and Distribution Management. Jakarta: PT Elex Media Komputindo

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.