skip to main content

HUBUNGAN ANTARA KETERBUKAAN DIRI DENGAN PERILAKU MENCARI BANTUAN ADAPTIF DALAM PELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS XI DI SMA ISLAM SUDIRMAN AMBARAWA

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Published: 24 Aug 2013.

Citation Format:
Abstract

Pelajaran matematika mata pelajaran yang sulit, membutuhkan bantuan dari orang lain dengan komunikasi. Masing-masing murid mempunyai tujuan belajar sendiri sehingga mempengaruhi perilaku mencari bantuan adaptif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara keterbukaan diri dengan perilaku mencari bantuan adaptif dalam pelajaran matematika pada siswa kelas XI di SMA Islam Sudirman Ambarawa.

Populasi penelitian ini adalah 260 siswa dengan sampel penelitian sebanyak 149 siswa. Penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Prosedur cluster random sampling adalah pengambilan sampel yang dilakukan dengan melakukan randomisasi terhadap kelompok, pengumpulan data menggunakan skala keterbukaan diri yang terdiri dari 33 aitem (α = 0,867) dan skala perilaku mencari bantuan adaptif dalam pelajaran matematika yang terdiri dari 33 aitem (α = 0,892).

Analisis regresi sederhana menunjukkan (rxy) sebesar = 0,559 dengan  p = 0,000 (p<0,05), artinya ada hubungan positif antara keterbukaan diri dengan perilaku mencari bantuan adaptif dalam pelajaran matematika pada siswa kelas XI SMA Islam Sudirman Ambarawa. Hasil tersebut menunjukkan bahwa semakin tinggi keterbukaan diri siswa maka semakin tinggi perilaku mencari bantuan adaptif dalam pelajaran matematika. Sebaliknya semakin rendah keterbukaan diri siswa maka semakin rendah perilaku mencari bantuan adaptif dalam pelajaran matematika. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perilaku mencari bantuan adaptif dalam pelajaran matematika pada siswa kelas XI SMA Islam Sudirman Ambarawa berada dalam ketegori yang tinggi dan memiliki keterbukaan diri yang tinggi. keterbukaan diri memberikan sumbangan efektif terhadap variabel perilaku mencari bantuan adaptif sebesar 31,2% sedangkan 68,8% berasal dari faktor-faktor lain yang tidak diungkap dalam penelitian ini.

Fulltext View|Download
Keywords: Perilaku Mencari Bantuan Adaptif, Pelajaran Matematika, Keterbukaan Diri.

Article Metrics:

  1. Brehm, S.S, Miller, R.S, Perlman, and Campbell, S.M. (2002). Intimate Relationship. New York: McGraw Hill Inc
  2. Cangara, H. (2003). Pengantar ilmu komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
  3. DeVito, J.A. (2006). Human communication the basic course. Tenth Edition. New York: Pearson Inc
  4. Karabenick, S.A., & Newman, R.S. (2006). Help-seeking in academic settings: (goals, groups, and contexts). Mahwah, NJ: Erlbaum
  5. Maulana. (2002). Matematikomik sebagai alternatif media dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa. Skripsi. Universitas Pendidikan Indonesia. 1-8. Diunduh tanggal 10/01/2013
  6. Ruseffendi, E.T. (2000). Pengantar kepada guru: membantu mengembangkan potensinya dalam pengajaran matematika untuk meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito
  7. Sugiono. (2008). Metode penelitian kuantitatif R & D. Bandung: Alfabet

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.