skip to main content

HUBUNGAN ANTARA KEPERCAYAAN MEREK (BRAND TRUST) DENGAN KEPUTUSAN MEMBELI KONSUMEN PENGGUNA SEPATU MEREK LOKAL HOME INDUSTRY PADA PEGAWAI NEGERI SIPIL DI DINAS PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN PROVINSI JAWA TENGAH

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Published: 24 Aug 2013.

Citation Format:
Abstract

Produk sepatu bermerek impor sudah membanjiri pusat-pusat perbelanjaan di seluruh Indonesia. Kondisi ini diperparah dengan kurangnya minat dan ketertarikan masyarakat lokal untuk membeli produk asli Indonesia, seperti contoh pada hasil survey awal peneliti pada pegawai Dinperindag Provinsi Jateng dimana terdapat pegawai yang belum pernah sekalipun memakai merek sepatu home industry. Konsumen dapat menyikapi keberadaan merek lokal secara positif, namun tragisnya mereka lebih memilih untuk menggunakan merek asing. Secara teoritis, salah faktor yang mempengaruhi keputusan membeli adalah kepercayaan merek (brand trust). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kepercayaan merek (brand trust) dengan keputusan membeli konsumen pengguna sepatu merek lokal home industry pada Pegawai Negeri Sipil di Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Dinperindag) Provinsi Jawa Tengah.

Penelitian ini melibatkan sampel yang berjumlah 122 orang dari total populasi sebanyak 223 orang PNS Dinperindag Provinsi Jateng, yang diperoleh melalui teknik proportional random sampling. Alat pengumpul data dalam penelitian ini adalah Skala Kepercayaan Merek (Brand Trust) (35 aitem α = 0,948) dan Skala Keputusan Membeli (33 aitem α = 0,922) yang telah diujicobakan terhadap 42 orang pegawai.

Hasil analisis data dengan metode analisis regresi sederhana menghasilkan koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,760 dengan p = 0,000 (p<0,05). Hasil tersebut menunjukkan arah hubungan positif dan signifikan antara kepercayaan merek (brand trust) dengan keputusan membeli. Semakin tinggi kepercayaan merek maka semakin tinggi keputusan membeli, dan sebaliknya semakin rendah kepercayaan merek maka semakin rendah keputusan membeli konsumen. Sumbangan efektif kepercayaan merek terhadap keputusan membeli sepatu merek lokal home industry sebesar 57,8% dan sisanya sebesar 42,2% ditentukan oleh faktor-faktor lain.

Fulltext
Keywords: Kepercayaan Merek, Keputusan Membeli, Konsumen

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.