Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia
BibTex Citation Data :
@article{EMPATI5246, author = {Fike Diana}, title = {HUBUNGAN ANTARA INTENSI MENONTON TAYANGAN ANAK DENGAN KECENDERUNGAN AGRESIF PADA ANAK USIA 9-10 TAHUN}, journal = {Jurnal EMPATI}, volume = {2}, number = {3}, year = {2013}, keywords = {Intensi, menonton tayangan anak, kecenderungan agresif, anak usia 9-10tahun.}, abstract = { Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara intensi menonton tayangan anak dengan kecenderungan agresif pada anak usia 9-10 tahun. Populasi dalam penelitian ini adalah 204 siswa dan jumlahsampel penelitian 121 siswa.Penentuan sampel menggunakan simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan Skala Intensi Menonton Tayangan Anak terdiri dari 31 aitem (α = 0,909) dan Skala Kecenderungan Agresif terdiri dari 30 aitem (α = 0,909). Hasil analisis regresi sederhanamenunjukkan adanya hubungan positif dan sangat signifikan antara intensi menonton tayangan anak dengan kecenderungan agresif pada anak usia 9-10 tahun yangditunjukkan oleh angka korelasi rxy = 0,722 dengan p= 0,000 (p<0,05) sehinggahipotesis yang menyatakan ada hubungan positif antara intensi menonton tayangan anak dengan kecenderungan agresif pada anak usia 9-10 tahun dapat diterima. Berdasarkan penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara intensi menonton tayangan anak dengan kecenderungan agresif pada anak usia 9-10 tahun.Hubungan antara kedua variabel tersebut bahwa semakin tinggiintensi menonton tayangan anak maka akan semakin tinggi kecenderungan agresif pada anak usia 9-10 tahun,sebaliknya semakin rendahintensi menonton tayangan anak maka akan semakin rendahkecenderungan agresif pada anak usia 9-10 tahun. Sumbangan efektif intensi menonton tayangan anak dengan kecenderungan agresif pada anak usia 9-10 tahun sebesar 52,1% sedangkan 47,9% dipengaruhi faktor lain yaitu pengalaman masa kecil, pola asuh orang tua, perasaan balas dendam, kesenjangan sosial. }, issn = {2829-1859}, pages = {22--31} doi = {10.14710/empati.2013.5246}, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/5246} }
Refworks Citation Data :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara intensi menonton tayangan anak dengan kecenderungan agresif pada anak usia 9-10 tahun. Populasi dalam penelitian ini adalah 204 siswa dan jumlahsampel penelitian 121 siswa.Penentuan sampel menggunakan simple random sampling.Pengumpulan data menggunakan Skala Intensi Menonton Tayangan Anak terdiri dari 31 aitem (α = 0,909) dan Skala Kecenderungan Agresif terdiri dari 30 aitem (α = 0,909).
Hasil analisis regresi sederhanamenunjukkan adanya hubungan positif dan sangat signifikan antara intensi menonton tayangan anak dengan kecenderungan agresif pada anak usia 9-10 tahun yangditunjukkan oleh angka korelasi rxy = 0,722 dengan p= 0,000 (p<0,05) sehinggahipotesis yang menyatakan ada hubungan positif antara intensi menonton tayangan anak dengan kecenderungan agresif pada anak usia 9-10 tahun dapat diterima.
Berdasarkan penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara intensi menonton tayangan anak dengan kecenderungan agresif pada anak usia 9-10 tahun.Hubungan antara kedua variabel tersebut bahwa semakin tinggiintensi menonton tayangan anak maka akan semakin tinggi kecenderungan agresif pada anak usia 9-10 tahun,sebaliknya semakin rendahintensi menonton tayangan anak maka akan semakin rendahkecenderungan agresif pada anak usia 9-10 tahun. Sumbangan efektif intensi menonton tayangan anak dengan kecenderungan agresif pada anak usia 9-10 tahun sebesar 52,1% sedangkan 47,9% dipengaruhi faktor lain yaitu pengalaman masa kecil, pola asuh orang tua, perasaan balas dendam, kesenjangan sosial.
Article Metrics:
Last update:
Jurnal Empati by https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article shall be assigned to Jurnal Empati and Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro as the publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all forms and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Jurnal Empati and the Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro, and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions, or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Jurnal Empati are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The Copyright Transfer Form can be downloaded here: [Copyright Transfer Form Jurnal Empati]. The copyright form should be signed originally, scanned, and uploaded as a supplementary file when submitting the manuscript.
Jurnal EMPATI published by Faculty of Psychology, Diponegoro University