skip to main content

PROKRASTINASI AKADEMIK DAN ALIENASI PADA MAHASISWA PSIKOLOGI UNIVERSITAS DIPONEGORO ANGKATAN 2019 YANG MENGERJAKAN SKRIPSI

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Jalan Prof. Mr. Sunario, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia

Received: 22 Jun 2025; Available online: 1 Dec 2025; Published: 1 Dec 2025.
Open Access Copyright 2025 Jurnal EMPATI
Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Citation Format:
Abstract

Mahasiswa tingkat akhir kerap mengalami tekanan psikologis saat menyusun skripsi, termasuk kecenderungan menunda pekerjaan (prokrastinasi akademik) dan merasa terasing dari lingkungan sosialnya (alienasi). Studi ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara prokrastinasi akademik dan alienasi pada mahasiswa Psikologi Universitas Diponegoro angkatan 2019 yang sedang menyelesaikan skripsi. Penelitian ini melibatkan 143 mahasiswa dan menggunakan dua alat ukur: Skala Prokrastinasi Akademik (α = 0,959) dan Skala Alienasi (α = 0,898). Analisis regresi linier menunjukkan adanya hubungan positif dan signifikan antara prokrastinasi akademik dan alienasi (r = 0,452, p < 0,05), dengan kontribusi sebesar 20,4%. Meskipun sebagian besar mahasiswa menunjukkan tingkat prokrastinasi dan alienasi yang tergolong sangat rendah, hasil ini tetap mengindikasikan pentingnya pengelolaan dua aspek tersebut untuk mencegah gangguan akademik dan sosial. Temuan ini memperkuat teori Seeman (1959) mengenai keterkaitan dimensi alienasi dengan perasaan ketidakberdayaan akibat penundaan. Studi ini berkontribusi dalam penguatan kajian psikologi pendidikan dan sosial, serta menggarisbawahi perlunya intervensi dini terhadap mahasiswa dengan kecenderungan prokrastinasi agar tidak berkembang menjadi kondisi alienasi yang lebih kompleks.

Fulltext View|Download
Keywords: alienasi; mahasiswa; prokrastinasi akaddemik; skripsi

Article Metrics:

  1. Alfaruqy, M. Z. & Sari, I. A. (2023). Dinamika psikologis dan harapan mahasiswa sebagai generasi digital. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 9(2), 877-888. https://doi.org/10.29210/020232084
  2. Amri, A. (2021). Pengaruh workplace loneliness terhadap kinerja yang dimediasi oleh work alienation pada perawat RSUD Cut Nyak Dhien Meulaboh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 6(3), 530–545. https://doi.org/10.24815/jimen.v6i3.17452
  3. Barnhardt, B., & Ginns, P. (2014). An alienation-based framework for student experience in higher education: new interpretations of past observations in student learning theory. Higher Education, 68, 789–805. https://doi.org/10.1007/s10734-014-9744-y
  4. Burka, J. B., & Yuen, L. M. (2008). Procrastination: Why you do it, what to do about it. Da Capo Press
  5. Caglar, C. (2013). The relationship between the perceptions of the fairness of the learning environment and the level of alienation. Eurasian Journal of Educational Research, 50, 185–206
  6. Cremer, D. D. (2013). The proactive leader: How to overcome procrastination and be a bold decision maker. Palgrave Macmillan
  7. Hadi, K. (2021). Prokrastinasi akademik dan hubungannya dengan adaptasi skolastik di kalangan mahasiswa. Jurnal Humaniora Internasional dan Ilmu Sosial. 19(1), 99-115
  8. Hasanah, F. A., & Hidayati, F. (2017). Hubungan antara self-compassion dengan alienasi pada remaja (sebuah studi korelasi pada siswa SMK Negeri 1 Majalengka). Jurnal Empati, 5(4), 750–756. https://doi.org/10.14710/empati.2016.15414
  9. Heidegger, M. (2010). Being and time. SUNY Press
  10. Maghari, A. M. A., & Assaf, M. A. M. (2021). Academic procrastination and its relationship to psychological alienation among Palestinian university students. The Educational Journal of the Faculty of Education in Sohag, 91(91), 1705–1741. https://doi.org/10.12816/edusohag.2021
  11. Pratiwi, A. D., & Sawitri, D. R. (2015). Prokrastinasi akademik ditinjau dari efikasi diri akademik dan lama studi pada mahasiswa jurusan desain komunikasi visual Universitas Dian Nuswantoro. Jurnal Empati, 4(4), 272–276. https://doi.org/10.14710/empati.2015.14355
  12. Sari, I. A. & Kustanti, E. R. (2020). Hubungan antara kontrol diri dengan pengungkapan diri pada remaja pengguna media sosial instagram. Jurnal Empati, 9(1), 52-57. https://doi.org/10.14710/empati.2020.26921
  13. Schouwenburg, H. C. (1995). Academic procrastination: Theoretical notions, measurement, and research. Springer Science & Business Media
  14. Seeman, M. (1959). On the meaning of alienation. American Sociological Review, 24(6), 783–791. https://doi.org/10.2307/2088565
  15. Situmorang, A. B. A. H. (2021). Alienasi dalam fenomena pembelajaran daring di SMAK St. Albertus Malang (Tinjauan Filsafat Relasionalitas). Paradigma: Jurnal Filsafat, Sains, Teknologi, dan Sosial Budaya, 27(2), 1–8. https://doi.org/10.33503/paradigma.v27i2.1673
  16. Steel, P. (2007). The nature of procrastination: A meta-analytic and theoretical review of quintessential self-regulatory failure. Psychological Bulletin, 133(1), 65–94. https://doi.org/10.1037/0033-2909.133.1.65

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.