skip to main content

LITERATURE REVIEW: PERAN ARTIFICIAL INTELEGENCE TERHADAP REKRUTMEN PEGAWAI PADA PELAMAR KERJA

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Received: 25 Oct 2024; Published: 10 Apr 2025.
Open Access Copyright 2025 Jurnal EMPATI
Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Citation Format:
Abstract

Angkatan kerja yang belum mendapatkan pekerjaan saling bersaing dalam rekrutmen. Rekrutmen merupakan proses mendapatkan pegawai untuk mengisi posisi tertentu. Dalam prosesnya, perusahaan seringkali kewalahan dalam tahapan seleksi dan eliminasi kandidat yang terdaftar, apalagi jika jumlahnya sangat banyak. Adanya artificial intelligence dipandang dapat meningkatkan produktivitas dan efektivitas rekrutmen tersebut. Perkembangannya yang baru ini berpotensi menghambat proses rekrutmen bagi pelamar. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk memahami perspektif pelamar kerja mengenai peran artificial intelligence terhadap rekrutmen pegawai. Metode yang digunakan adalah literature review dengan menganalisis artikel yang diunggah pada ScienceDirect. Kriteria inklusinya meliputi 1) Topik artikel terkait artificial intelligence dan rekrutmen, 2) Subjek pada artikel merupakan pelamar kerja dalam suatu perusahaan, 3) Artikel merupakan penelitian yang dipublikasikan maksimal 10 tahun terakhir (2014-2024), 4) Artikel menggunakan bahasa Inggris, dan 5) Artikel menggunakan metode penelitian kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelamar kerja cenderung memiliki persepsi positif terkait peran artificial intelligence terhadap rekrutmen pegawai. Persepsi ini didukung juga oleh upaya rekruter dalam mengenalkan proses rekrutmen yang baru ini.

Fulltext View|Download
Keywords: artificial intelligence; pelamar; rekrutmen

Article Metrics:

  1. Afifah, F., & Harto, B. (2024). Strategi rekrutmen digital untuk memahami peran platform online dalam mencari dan menarik talenta digital. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(2), 3270-3278
  2. Aaker, J., Vohs, K. D., & Mogilner, C. (2010). Nonprofits are seen as warm and for-profits as competent: Firm stereotypes matter. Journal of Consumer Research, 37(2), 224–237
  3. BPS. (2023). Keadaan ketenagakerjaan Indonesia Februari 2023. Badan Pusat Statistik, 35, 1–28. https://www.bps.go.id/pressrelease/2023/05/05/2001/februari-2023--tingkat-pengangguran-terbuka--tpt--sebesar-5-45-persen-dan-rata-rata-upah-buruh-sebesar-2-94-juta-rupiah-per-bulan.html
  4. Cahyo, I. N., & Waskito, J. (2023). Pengaruh e-recruitment, reputasi perusahaan, dan persepsi pencari pekerjaan terhadap minat melamar kerja (studi kasus pada generasi z Solo Raya). INFOTECH : Jurnal Informatika & Teknologi, 4(2), 157–167. https://doi.org/10.37373/infotech.v4i2.558
  5. Davis, F. D. (1989). Perceived usefulness, perceived ease of use, and user acceptance of information technology. MIS Quarterly, 319–340
  6. Dessler, G. (2020). Human resource management (8th ed.). Pearson. https://doi.org/10.1108/pr.2002.31.3.386.3
  7. Dong, B., Evans, K. R., & Zou, S. (2008). The effects of customer participation in cocreated service recovery. Journal of the Academy of Marketing Science, 36(1), 123–137
  8. Feldman, D. C., Bearden, W. O., & Hardesty, D. M. (2006). Varying the content of job advertisements: The effects of message specificity. Journal of Advertising, 35(1), 123–141
  9. Franita, R., & Fuady, A. (2019). Analisa pengangguran di Indonesia. Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 2, 88–93
  10. Guiry, M., Mägi, A. W., & Lutz, R. J. (2006). Defining and measuring recreational shopper identity. Journal of the Academy of Marketing Science, 34(1), 74–83
  11. Horodyski, P. (2023a). Applicants’ perception of artificial intelligence in the recruitment process. Computers in Human Behavior Reports, 11, 100303. https://doi.org/10.1016/j.chbr.2023.100303
  12. Horodyski, P. (2023b). Recruiter’s perception of artificial intelligence (AI)-based tools in recruitment. Computers in Human Behavior Reports, 10, 100298. https://doi.org/10.1016/j.chbr.2023.100298
  13. Husna, J., Prasetya, A., Shadiqin, S., Pungki, S. F. B., & Muhaimin, Y. (2021). Efektivitas metode rekrutmen melalui media sosial (e-recruitment ). Jurnal Ilmiah, 2(1), 45–54
  14. Libert, K., Mosconi, E., & Cadieux, N. (2020). Human-machine interaction and human resource management perspective for collaborative robotics implementation and adoption. Proceedings of the 53rd Hawaii international conference on system sciences
  15. Mukhtar, A., & Masradin. (2023). Bagaimana teknologi era 4.0 menerapkan rekrutmen ? (Kajian manajemen sumber daya manusia). Paraduta: Jurnal Ekonomi Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 1(2), 77–89
  16. Pan, Y., Froese, F., Liu, N., Hu, Y., & Ye, M. (2022). The adoption of artificial intelligence in employee recruitment: The influence of contextual factors. International Journal of Human Resource Management, 33(6), 1125–1147. https://doi.org/10.1080/09585192.2021.1879206
  17. van Esch, P., & Black, J. S. (2019). Factors that influence new generation candidates to engage with and complete digital, AI-enabled recruiting. Business Horizons, 62(6), 729–739. https://doi.org/10.1016/j.bushor.2019.07.004
  18. van Esch, P., Black, J. S., & Ferolie, J. (2019). Marketing AI recruitment: The next phase in job application and selection. Computers in Human Behavior, 90, 215–222. https://doi.org/10.1016/j.chb.2018.09.009
  19. Winterich, K. P., & Haws, K. L. (2011). Helpful hopefulness: The effect of future positive emotions on consumption. Journal of Consumer Research, 38, 505–524

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.