Fakultas Psikologi, Universitas Surabaya, Indonesia
BibTex Citation Data :
@article{EMPATI47878, author = {Mary Elisabeth and Ivory Ivory}, title = {PENTINGNYA HUBUNGAN GURU DAN MURID PADA PEMBELAJARAN DI SMP X SIDOARJO}, journal = {Jurnal EMPATI}, volume = {13}, number = {5}, year = {2025}, keywords = {hubungan guru dan murid; IPA; leadership; proses pembelajaran}, abstract = { Banyak penelitian yang menunjukkan pentingnya hubungan antara guru dan murid dalam mendukung proses pembelajaran siswa di sekolah. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui lebih lanjut mengenai gambaran relasi guru dan siswa di SMP X Sidoarjo pada mata pelajaran Leadership dan IPA. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi dan wawancara. Subjek penelitian yaitu 2 orang guru SMP X Sidoarjo, yakni guru Leadership dan guru IPA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan guru dan murid mempengaruhi kualitas pembelajaran di kelas, dimana guru Leadership yang memiliki hubungan yang baik dengan seluruh murid yang diajari membuat kondisi kelas saat pelajaran Leadership menjadi sangat mendukung, seluruh siswa aktif dan mengikuti pembelajaran, sedangkan guru IPA yang hanya berfokus pada beberapa murid menyebabkan kondisi kelas tidak kondusif dan hanya beberapa siswa saja yang mengikuti pembelajaran. }, issn = {2829-1859}, pages = {426--435} doi = {10.14710/empati.2024.47878}, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/47878} }
Refworks Citation Data :
Banyak penelitian yang menunjukkan pentingnya hubungan antara guru dan murid dalam mendukung proses pembelajaran siswa di sekolah. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui lebih lanjut mengenai gambaran relasi guru dan siswa di SMP X Sidoarjo pada mata pelajaran Leadership dan IPA. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi dan wawancara. Subjek penelitian yaitu 2 orang guru SMP X Sidoarjo, yakni guru Leadership dan guru IPA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan guru dan murid mempengaruhi kualitas pembelajaran di kelas, dimana guru Leadership yang memiliki hubungan yang baik dengan seluruh murid yang diajari membuat kondisi kelas saat pelajaran Leadership menjadi sangat mendukung, seluruh siswa aktif dan mengikuti pembelajaran, sedangkan guru IPA yang hanya berfokus pada beberapa murid menyebabkan kondisi kelas tidak kondusif dan hanya beberapa siswa saja yang mengikuti pembelajaran.
Article Metrics:
Last update:
Jurnal Empati by https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article shall be assigned to Jurnal Empati and Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro as the publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all forms and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Jurnal Empati and the Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro, and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions, or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Jurnal Empati are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The Copyright Transfer Form can be downloaded here: [Copyright Transfer Form Jurnal Empati]. The copyright form should be signed originally, scanned, and uploaded as a supplementary file when submitting the manuscript.
Jurnal EMPATI published by Faculty of Psychology, Diponegoro University