skip to main content

ANALISIS KUALITAS PELAYANAN BENTO KOPI TEMBALANG SEMARANG

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Received: 26 Aug 2024; Published: 12 Jan 2025.
Open Access Copyright 2025 Jurnal EMPATI
Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Citation Format:
Abstract
Perkembangan industri cafe yang semakin kompetitif menuntut pelaku bisnis untuk memiliki kualitas pelayanan yang baik. Kualitas pelayanan memegang peranan penting dalam menciptakan pengalaman pelanggan yang memuaskan dan membangun loyalitas pelanggan jangka panjang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kualitas pelayanan pada Bento Kopi Tembalang Semarang. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif dengan menggunakan teknik analisis distribusi frekuensi dan nilai mean. Alat ukur SERVQUAL dari Yanottama (2020) dengan 21 item diadaptasi untuk menjadi instrumen dalam penelitian ini. Dari penyebaran alat ukur melalui google form diperoleh responden sebanyak 46 yang mengisi. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa dimensi dengan nilai tertinggi yakni dimensi Assurance (X̅=3,337). Secara keseluruhan, nilai rata-rata dari lima dimensi adalah 3,20. Hal ini menunjukkan bahwa Bento Kopi Tembalang memiliki kualitas pelayanan yang tinggi.
Fulltext View|Download
Keywords: bento kopi, kualitas pelayanan, SERVQUAL

Article Metrics:

  1. Febriyanto, N. A., & Widiartanto, W. (2022). Kualitas pelayanan dan promosi terhadap minat beli ulang (Studi pada pelanggan Burgerking Paragon Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 10(3), 1226–1237. https://doi.org/10.14710/jiab.2021.31865
  2. Kotler, P., & Amstrong, G. (2001). Prinsip-prinsip pemasaran. Erlangga
  3. Kotler, K. (2015). Marketing management. Pearson
  4. Parasuraman. (1996). The behavioral consenvences of service quality. Journal of Marketing, 60(2), 31-46
  5. Sholihah, I. A. (2020). Pengaruh suasana cafe dan kualitas layanan terhadap kepuasan konsumen di merdeka cafe Nganjuk. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 8
  6. Widyaningsih, D. S. (2022). Makna kafe bagi remaja milenial sebagai bentuk citra diri di media sosial. Publiciana, 15(1). https://doi.org/10.36563/p
  7. Wijaya. T. (2018). Manajemen kualitas jasa desain servqual. QFD dan Kano edisi 2. (B. Sarwiji. Ed.) Indeks Jakarta
  8. Yanottama, A., Purnamawati, E., & Suryadi, A (2020). Analisis peningkatan kualitas pelayanan menggunakan metode service quality dan triz. Jurnal Opsi, 15(1), 93-106
  9. Yuniar, V., & Setyorini, R. (2015). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada perusahaan jasa EMKL Saputra Trans Abadi Cirebon

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.