Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia
BibTex Citation Data :
@article{EMPATI46771, author = {Alifia Wijaya and Pradipta Mutiara and Reira Adenia and Natasya Sudrajat}, title = {ANALISIS KUALITAS PELAYANAN WARUNG MAKAN BU NUR TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN}, journal = {Jurnal EMPATI}, volume = {13}, number = {5}, year = {2025}, keywords = {kepuasan pelanggan; kualitas pelayanan}, abstract = { Warung Makan Bu Nur populer di Tembalang dan sering direkomendasikan sebagai tempat makan yang murah dan lezat. Penelitian bertujuan untuk mengevaluasi kualitas layanan Warung Makan Penyet Bu Nur menggunakan lima dimensi kualitas layanan menurut Parasuraman: tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy . Penelitian bersifat kuantitatif dengan pengumpulan data melalui kuesioner yang terdiri dari 23 pertanyaan menggunakan analisis deskriptif dibantu software JASP versi 0.17.1. Sampel penelitian mencakup 39 responden yang pernah berkunjung dengan menggunakan simple random sampling. Pada pengambilan data digunakan kuesioner dengan skala likert. Uji reliabilitas menunjukkan skor Cronbach's Alpha sebesar .908. Hasil analisis menunjukkan bahwa setiap dimensi kualitas layanan pada Warung Makan Bu Nur menunjukkan skor kualitas layanan yang tinggi dengan dimensi tertinggi berada pada dimensi responsiveness ( mean : 3.22) dan dimensi terendah berada pada dimensi tangible ( mean : 2.92) . Warung Makan Penyet Bu Nur disarankan untuk meningkatkan kualitas pelayanan pada dimensi tangible dan mempertahankan keunggulan pada dimensi lain untuk meningkatkan perhatian terhadap konsumen. }, issn = {2829-1859}, pages = {401--416} doi = {10.14710/empati.2024.46771}, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/46771} }
Refworks Citation Data :
Warung Makan Bu Nur populer di Tembalang dan sering direkomendasikan sebagai tempat makan yang murah dan lezat. Penelitian bertujuan untuk mengevaluasi kualitas layanan Warung Makan Penyet Bu Nur menggunakan lima dimensi kualitas layanan menurut Parasuraman: tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy. Penelitian bersifat kuantitatif dengan pengumpulan data melalui kuesioner yang terdiri dari 23 pertanyaan menggunakan analisis deskriptif dibantu software JASP versi 0.17.1. Sampel penelitian mencakup 39 responden yang pernah berkunjung dengan menggunakan simple random sampling. Pada pengambilan data digunakan kuesioner dengan skala likert. Uji reliabilitas menunjukkan skor Cronbach's Alpha sebesar .908. Hasil analisis menunjukkan bahwa setiap dimensi kualitas layanan pada Warung Makan Bu Nur menunjukkan skor kualitas layanan yang tinggi dengan dimensi tertinggi berada pada dimensi responsiveness (mean: 3.22) dan dimensi terendah berada pada dimensi tangible (mean: 2.92). Warung Makan Penyet Bu Nur disarankan untuk meningkatkan kualitas pelayanan pada dimensi tangible dan mempertahankan keunggulan pada dimensi lain untuk meningkatkan perhatian terhadap konsumen.
Article Metrics:
Last update:
Jurnal Empati by https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article shall be assigned to Jurnal Empati and Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro as the publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all forms and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Jurnal Empati and the Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro, and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions, or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Jurnal Empati are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The Copyright Transfer Form can be downloaded here: [Copyright Transfer Form Jurnal Empati]. The copyright form should be signed originally, scanned, and uploaded as a supplementary file when submitting the manuscript.
Jurnal EMPATI published by Faculty of Psychology, Diponegoro University