Department of Psychology, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Mr. Sunario, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
BibTex Citation Data :
@article{EMPATI41143, author = {Salma Auliya Wibowo and Diana Rusmawati}, title = {HUBUNGAN ANTARA HARGA DIRI DENGAN PRESTASI AKADEMIK PADA MAHASISWA DI SEKOLAH KEDINASAN POLITEKNIK KEUANGAN NEGARA STAN}, journal = {Jurnal EMPATI}, volume = {14}, number = {1}, year = {2025}, keywords = {}, abstract = { Prestasi akademik merupakan tingkat penguasaan pada materi perkuliahan meliputi pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang dipelajari di kampus dengan tolak ukur keberhasilan sesuai dengan indikator yang ditetapkan. Harga diri menjadi faktor kepribadian yang turut berkontribusi dalam tercapainya prestasi akademik. Harga diri merupakan penilaian individu terhadap dirinya mengenai sikap menerima dan menolak, rasa percaya dengan kemampuan yang dimiliki, keberartian, keberhasilan dan keberhargaan dirinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara harga diri dengan prestasi akademik pada mahasiswa kedinasan. Subjek yang dilibatkan dalam penelitian ini adalah 169 mahasiswa Diploma IV Politeknik Keuangan Negara STAN. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik convenience sampling . Alat ukur yang digunakan dalam penelitian adalah skala harga diri (40 aitem valid dengan α= 0,950) dan dokumentasi berupa indeks prestasi kumulatif mahasiswa. Analisis data yang digunakan adalah analisis spearman’s rho dan diperoleh nilai r s = 0,179 dan p = 0,020. Hasil tersebut menunjukkan terdapat hubungan positif signifikan, semakin tinggi harga diri yang dimiliki individu maka semakin tinggi tingkat prestasi akademik yang dicapai. Kata kunci: harga diri, prestasi akademik, mahasiswa }, issn = {2829-1859}, pages = {35--44} doi = {10.14710/empati.2025.41143}, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/41143} }
Refworks Citation Data :
Prestasi akademik merupakan tingkat penguasaan pada materi perkuliahan meliputi pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang dipelajari di kampus dengan tolak ukur keberhasilan sesuai dengan indikator yang ditetapkan. Harga diri menjadi faktor kepribadian yang turut berkontribusi dalam tercapainya prestasi akademik. Harga diri merupakan penilaian individu terhadap dirinya mengenai sikap menerima dan menolak, rasa percaya dengan kemampuan yang dimiliki, keberartian, keberhasilan dan keberhargaan dirinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara harga diri dengan prestasi akademik pada mahasiswa kedinasan. Subjek yang dilibatkan dalam penelitian ini adalah 169 mahasiswa Diploma IV Politeknik Keuangan Negara STAN. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik convenience sampling. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian adalah skala harga diri (40 aitem valid dengan α= 0,950) dan dokumentasi berupa indeks prestasi kumulatif mahasiswa. Analisis data yang digunakan adalah analisis spearman’s rho dan diperoleh nilai rs= 0,179 dan p= 0,020. Hasil tersebut menunjukkan terdapat hubungan positif signifikan, semakin tinggi harga diri yang dimiliki individu maka semakin tinggi tingkat prestasi akademik yang dicapai.
Kata kunci: harga diri, prestasi akademik, mahasiswa
Article Metrics:
Last update:
Jurnal Empati by https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article shall be assigned to Jurnal Empati and Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro as the publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all forms and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Jurnal Empati and the Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro, and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions, or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Jurnal Empati are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The Copyright Transfer Form can be downloaded here: [Copyright Transfer Form Jurnal Empati]. The copyright form should be signed originally, scanned, and uploaded as a supplementary file when submitting the manuscript.
Jurnal EMPATI published by Faculty of Psychology, Diponegoro University