skip to main content

HUBUNGAN ANTARA HARGA DIRI DENGAN PRESTASI AKADEMIK PADA MAHASISWA DI SEKOLAH KEDINASAN POLITEKNIK KEUANGAN NEGARA STAN

Department of Psychology, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Mr. Sunario, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia

Received: 20 Sep 2023; Published: 28 Feb 2025.
Open Access Copyright 2025 Jurnal EMPATI
Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Citation Format:
Abstract

Prestasi akademik merupakan tingkat penguasaan pada materi perkuliahan meliputi pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang dipelajari di kampus dengan tolak ukur keberhasilan sesuai dengan indikator yang ditetapkan. Harga diri menjadi faktor kepribadian yang turut berkontribusi dalam tercapainya prestasi akademik. Harga diri merupakan penilaian individu terhadap dirinya mengenai sikap menerima dan menolak, rasa percaya dengan kemampuan yang dimiliki, keberartian, keberhasilan dan keberhargaan dirinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara harga diri dengan prestasi akademik pada mahasiswa kedinasan. Subjek yang dilibatkan dalam penelitian ini adalah 169 mahasiswa Diploma IV Politeknik Keuangan Negara STAN. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik convenience sampling. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian adalah skala harga diri (40 aitem valid dengan α= 0,950) dan dokumentasi berupa indeks prestasi kumulatif mahasiswa. Analisis data yang digunakan adalah analisis spearman’s rho dan diperoleh nilai rs= 0,179 dan p= 0,020. Hasil tersebut menunjukkan terdapat hubungan positif signifikan, semakin tinggi harga diri yang dimiliki individu maka semakin tinggi tingkat prestasi akademik yang dicapai.

 

Kata kunci: harga diri, prestasi akademik, mahasiswa

 

 

 
Fulltext View|Download

Article Metrics:

  1. Alwisol. (2018). Psikologi kepribadian. UMM Press
  2. Amanatillah, I. A., Akbar, Z. Y., & Aprilyani, R. (2023). Pengaruh harga diri terhadap motivasi berprestasi mahasiswa penerima beasiswa di Universitas X Jakarta. Jurnal Kesehatan Mental Indonesia, 2(01), 27–34
  3. Amriana, Thalib, S. B., & Umar, N. F. (2023). Penerapan konseling realitas untuk meningkatkan harga diri pada siswa sekolah menengah atas di kelas Kabupaten Takalar. Pinisi Journal of Art, Humanity and Social Studies 3(4), 110–127
  4. Annisa, A., & Alfaruqy, M. Z. (2024). Aku manja dan siap ditempa: Sebuah studi fenomenologis interpretatif pemaknaan pengalaman merantau bagi anak tunggal. Jurnal Empati, 13(3), 195-206. https://doi.org/10.14710/empati.2024.40378
  5. Ashari, S., Asmara, E. N., & Supradi. (2019). Self esteem, self efficacy dan prestasi akademik mahasiswa akuntansi: Studi pada kelas pengauditan. JIAFE: Jurnal Ilmiah Akuntansi Fakultas Ekonomi, 5(1), 23–40
  6. Ayunnizar, S. A. (2020). Perbedaan indeks prestasi kumulatif antara mahasiswa yang aktif dan tidak aktif di organisasi pada prodi ekonomi semester VII di STKIP PGRI tulungagung tahun akademik 2017/2018. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5(2), 40–45. https://doi.org/10.29100/jupeko.v5i2.1722
  7. Batool, S. S. (2020). Academic achievement: Interplay of positive parenting, self-esteem, and academic procrastination. Australian Journal of Psychology, 72(2), 174–187. https://doi.org/10.1111/ajpy.12280
  8. Cid-Sillero, S., & Pascual-Sagastizabal, Eider Martínez-de-Morentin, J.-I. (2020). Influence of self-esteem and attention on the academic performance of ESO and FPB students. Revista de Psicodidáctica, 25(1), 59–67. https://doi.org/10.1016/j.psicoe.2019.10.001
  9. Coopersmith, S. (1967). The antecedents of self-esteem. W. H. Freeman and Company
  10. Firmansyah, D., & Dede. (2022). Teknik pengambilan sampel umum dalam metodologi penelitian: Literature review. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH), 1(2), 85–114. https://doi.org/10.55927/jiph.v1i2.937
  11. Han, L., Zhao, S. Y., Pan, X. Y., & Liao, C. J. (2018). The impact of students with left-behind experiences on childhood: The relationship between negative life events and depression among college students in China. International Journal of Social Psychiatry, 64(1), 56–62. https://doi.org/10.1177/0020764017739332
  12. Hasan, U. R., Nur, F., Rahman, U., Suharti, S., & Damayanti, E. (2021). Self regulation, self esteem, dan self concept berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika peserta didik. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1), 38–45. https://doi.org/10.24176/anargya.v4i1.5715
  13. Hidayat, D. R., Ramadhani, S., Nursyifa, T., & Afiyanti, Y. (2020). Harga diri mahasiswa yang terlambat menyelesaikan studi. Prespektif Ilmu Pendidikan, 34(2), 101–108. https://doi.org/10.21009/PIP.342.4
  14. Kurniawati, F. N. A. (2022). Meninjau permasalahan rendahnya kualitas pendidikan di Indonesia dan solusi. Academy of Education Journal, 13(1), 1–13. https://doi.org/10.47200/aoej.v13i1.765
  15. Latandi, G. (2022). Hubungan antara kepercayaan diri dengan keterampilan komunikasi interpersonal pada siswa kelas X SMA Negeri 5 Tana Roja. Pinisi Journal of Education, 1, 1–13
  16. Martini, M. (2021). Membangun pembelajaran merdeka belajar dan kampus merdeka di pendidikan tinggi. Media Sains Indonesia
  17. Mruk, C. J. (2013). Self-esteem and positive psychology. Springer Publishing Company, LLC
  18. Nurrahmah, Florentina, T., & Radde, H. A. (2021). Harga diri, regulasi emosi, dan perilaku asertif pada mahasiswa. Jurnal Psikologi Karakter, 1(1), 7–16. http://https//journal.unibos.ac.id/jpk7
  19. Parnawi, A. (2019). Psikologi belajar. Deepublish Publisher
  20. Purnomo, H. (2020). Psikologi peserta didik. K-Media
  21. Rahayu, P., & Afandi, N. K. (2022). Perspektif orang dewasa tahap awal tentang self esteem pada diri sendiri. Sultan Idris Journal of Psychology and Education, 1(2), 45–55. https://doi.org/10.21093/sijope.v1i2.4728
  22. Rolansa, F., Yunita, Y., & Suheri, S. (2020). Sistem prediksi dan evaluasi prestasi akademik mahasiswa di program studi teknik informatika menggunakan data mining. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 9(1), 75–85. https://doi.org/10.31571/saintek.v9i1.1696
  23. Rosyid, M., Mustajab., & Abdullah A. (2019). Prestasi belajar. Literasi Nusantara
  24. Santrock, J. W. (2018). A tropical approach to life-span (9th ed.). McGrawHill Education
  25. Sari, I. A. & Kustanti, E. R. (2020). Hubungan antara kontrol diri dengan pengungkapan diri pada remaja pengguna media sosial instagram. Jurnal Empati, 9(1), 52-57. https://doi.org/10.14710/empati.2020.26921
  26. Sarwana. (2018). Pengaruh Bimbingan kelompok dan harga diri terhadap kepercayaan diri siswa kelas X SMAN 5 Takengon Aceh Tengah. Jurnal Diversita, 4(1), 32. https://doi.org/10.31289/diversita.v4i1.1603
  27. Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta
  28. Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi dan tujuan pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29–39. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927
  29. Suryana, S. (2018). Peran perguruan tinggi dalam pemberdayaan masyarakat. Jurnal Pendidikan Islam Rabbani, 2(2), 368–378
  30. Syahputra, A. (2022). Implementasi algoritma selection sort untuk pengurutan nilai 76 IPK mahasiswa universitas potensi utama. Jurnal Teknik Informatika Kaputama, 6(2), 390–398. https://doi.org/10.59697/jtik.v6i2.211

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.