1Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia
2Jl. Prof. Mr. Sunario, Kampus Undip Tembalang, Semarang, Indonesia, 50275, Indonesia
BibTex Citation Data :
@article{EMPATI41027, author = {Zulva Ramadhanty and Muhammad Alfaruqy}, title = {DINAMIKA RELASI ORANG TUA-ANAK: STUDI INTERPRETATIVE PHENOMENOLOGICAL ANALYSIS PADA MAHASISWI TINGKAT AKHIR YANG BEKERJA}, journal = {Jurnal EMPATI}, volume = {14}, number = {4}, year = {2025}, keywords = {relasi orang tua-anak; mahasiswi; interpretative phenomenological analysis}, abstract = { Dukungan orang tua menjadi salah satu faktor penunjang keberhasilan mahasiswi tingkat akhir yang bekerja. Tidak hanya aspek dukungan, aspek konflik maupun kekuasaan yang mewarnai relasi orang tua dengan mahasiswi tingkat akhir yang bekerja penting untuk diungkap karena berkaitan dengan proses menjalankan peran. Penelitian ini bertujuan untuk memahami dinamika relasi orang tua-anak pada mahasiswi tingkat akhir yang bekerja. Partisipan penelitian dipilih menggunakan teknik purposive dengan kriteria mahasiswi tingkat akhir, bekerja, merupakan anak pertama . Pengambilan data dilakukan dengan metode in-depth interview semi terstruktur serta teknik analisis data menggunakan interpretative phenomenological analysis (IPA). Penelitian ini menghasilkan tiga tema induk, yaitu relasi orang-tua anak sebelum bekerja yang mengungkap dependensi finansial dengan ayah dan kehangatan relasi dengan ibu; dinamika menjalani peran ganda yang mengungkap dorongan internal bekerja, persepsi tuntutan finansial keluarga, konflik dengan orang tua selama bekerja, dan dampak positif pada soft skill dan finansial; relasi orang tua-anak setelah bekerja yang mengungkap berkurangnya dependensi finansial dengan ayah, kehangatan relasi yang konstan dengan ibu, perhatian yang diinginkan, dan makna relasi positif; serta satu tema khusus yaitu ketidakterbukaan diri. Penelitian ini berimplikasi pada urgensi untuk menciptakan komunikasi dua arah antara orang tua dengan mahasiswi tingkat akhir yang bekerja, sehingga mampu menghasilkan relasi yang harmonis. }, issn = {2829-1859}, pages = {300--311} doi = {10.14710/empati.2025.41027}, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/41027} }
Refworks Citation Data :
Dukungan orang tua menjadi salah satu faktor penunjang keberhasilan mahasiswi tingkat akhir yang bekerja. Tidak hanya aspek dukungan, aspek konflik maupun kekuasaan yang mewarnai relasi orang tua dengan mahasiswi tingkat akhir yang bekerja penting untuk diungkap karena berkaitan dengan proses menjalankan peran. Penelitian ini bertujuan untuk memahami dinamika relasi orang tua-anak pada mahasiswi tingkat akhir yang bekerja. Partisipan penelitian dipilih menggunakan teknik purposive dengan kriteria mahasiswi tingkat akhir, bekerja, merupakan anak pertama. Pengambilan data dilakukan dengan metode in-depth interview semi terstruktur serta teknik analisis data menggunakan interpretative phenomenological analysis (IPA). Penelitian ini menghasilkan tiga tema induk, yaitu relasi orang-tua anak sebelum bekerja yang mengungkap dependensi finansial dengan ayah dan kehangatan relasi dengan ibu; dinamika menjalani peran ganda yang mengungkap dorongan internal bekerja, persepsi tuntutan finansial keluarga, konflik dengan orang tua selama bekerja, dan dampak positif pada soft skill dan finansial; relasi orang tua-anak setelah bekerja yang mengungkap berkurangnya dependensi finansial dengan ayah, kehangatan relasi yang konstan dengan ibu, perhatian yang diinginkan, dan makna relasi positif; serta satu tema khusus yaitu ketidakterbukaan diri. Penelitian ini berimplikasi pada urgensi untuk menciptakan komunikasi dua arah antara orang tua dengan mahasiswi tingkat akhir yang bekerja, sehingga mampu menghasilkan relasi yang harmonis.
Article Metrics:
Last update:
Jurnal Empati by https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article shall be assigned to Jurnal Empati and Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro as the publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all forms and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Jurnal Empati and the Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro, and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions, or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Jurnal Empati are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The Copyright Transfer Form can be downloaded here: [Copyright Transfer Form JP]. The copyright form should be signed originally, scanned and uploaded as supplementary file when submitting the manuscript.
Jurnal EMPATI published by Faculty of Psychology, Diponegoro University