skip to main content

MENGURAI STRES AKADEMIK MAHASISWA: KOMBINASI REGULASI EMOSI DAN DUKUNGAN SOSIAL

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Program Studi Bimbigan dan Konseling Universitas Muhammadiyah Metro, Jl. Ki Hajar Dewantara No. 116 Iringmulyo Kota Metro Telp/Fax. (0725) 42445-42454 Kode Pos 34111. www.fkip.ummetro.ac.id, Indonesia

Published: 30 Aug 2025.
Open Access Copyright 2025 Jurnal EMPATI
Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Citation Format:
Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial dan pengendalian emosi dengan stres akademik pada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Metro. Penelitian ini menggabungkan strategi korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Sebanyak 40 peserta dalam sampel dipilih secara acak, dan mereka terdaftar dalam program studi Teknik Mesin. Alat pengumpulan data meliputi skala dukungan sosial berdasarkan teori Sarafino, skala stres akademik berdasarkan Student Academic Stress Scale (SASS) Busari, dan skala regulasi emosi berdasarkan teori Gross. Dengan nilai signifikansi 0,004 (p ˂ 0,05) untuk regulasi emosi dan 0,010 (p ˂ 0,05) untuk dukungan sosial, temuan analisis menunjukkan hubungan negatif yang kuat antara stres akademik dan dukungan sosial. Selain itu, stres akademik mahasiswa secara signifikan dipengaruhi oleh dukungan sosial dan regulasi emosi secara bersamaan, dengan nilai signifikansi 0,001 (p ˂ 0,05). Hasil ini menunjukkan bahwa tingkat stres akademik yang dilaporkan siswa menurun seiring dengan peningkatan kemampuan regulasi emosi dan dukungan sosial yang lebih besar. Signifikansi dukungan sosial dan kontrol emosi sebagai penyangga stres akademik di lingkungan perguruan tinggi didukung oleh penelitian ini.

Note: This article has supplementary file(s).

Fulltext View|Download |  Research Results
MENGURAI STRES AKADEMIK MAHASISWA: KOMBINASI REGULASI EMOSI DAN DUKUNGAN SOSIAL
Subject : Regulasi emosi; dukungan sosial; stres akademik; mahasiswa
Type Research Results
  Download (429KB)    Indexing metadata
Keywords: Regulasi emosi; dukungan sosial; stres akademik; mahasiswa

Article Metrics:

  1. Ambarwati, P. D., Pinilih, S. S., & Astuti, R. T. (2019). Gambaran Tingkat Stres Mahasiswa. Jurnal Keperawatan Jiwa, 5(1), 40. https://doi.org/10.26714/jkj.5.1.2017.40-47
  2. Aprilia, N.S., & Yoenanto, H. (2022). Stres Akademik Mahasiswa yang Menyusun Skripsi 20. Mental (BRPKM) 2022, 2(1), 19– 30. 19– 30.2776- 1851. https://doi.org/10.20473/brpkm.v2i1.31924
  3. Astari, A. Z., & Nastiti, D. (2023). Hubungan Antara Stres Akademik Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa. Bulletin of Counseling and Psychotherapy, 2(3), 1–12. https://doi.org/10.51214/bocp.v4i3.354
  4. Audina, M. (2023). Hubungan Dukungan Sosial dengan Stres Akademik. Jurnal Penelitian Perawat Profesional, 5(3), 1183–1190. https://doi.org/10.37287/jppp.v5i3.1673
  5. B, H., & Hamzah, R. (2020). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Tingkat Stres Akademik Pada Mahasiswa Stikes Graha Medika. Indonesian Journal for Health Sciences, 4(2), 59. https://doi.org/10.24269/ijhs.v4i2.2641
  6. Barseli, M., Ifdil, I., & Nikmarijal, N. (2017). Konsep Stres Akademik Siswa. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 5(3), 143–148. https://doi.org/10.29210/119800
  7. Busari, A. O. (2016). Academic Stress and Internet Addiction among Adolescents: Solution Focused Social Interest Programme as Treatment Option. Journal of Mental Disorders and Treatment, 2(2). https://doi.org/10.4172/2471-271x.1000114
  8. Ellis, R., Sampe, P. D., Mahaly, S., & Makulua, I. J. (2023). Pengaruh Dukungan Sosial Terhadap Stres Akademik Mahasiswa. PEDAGOGIKA: Jurnal Pedagogik Dan Dinamika Pendidikan, 11(1), 102–110. https://doi.org/10.30598/pedagogikavol11issue1page102-110
  9. Gross, J. J. (1998). Antecedent- and response-focused emotion regulation: Divergent consequences for experience, expression, and physiology. Journal of Personality and Social Psychology, 74(1), 224–237. https://doi.org/10.1037//0022-3514.74.1.224
  10. Ismi Aisya Saptyaning Ambarwati, Sabila Jannati, & Khairina, N. (2024). Coping Mechanism terhadap Stress Akademik pada Mahasiswa. Flourishing Journal, 4(2), 47–58. https://doi.org/10.17977/um070v4i22024p47-58
  11. Kadi, A. R., Bahar, H., & Sunarjo, I. S. (2020a). Hubungan Antara Regulasi Emosi Dengan Stres Akademik Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Halu Oleo. Jurnal Sublimapsi, 1(2), 85–94. https://doi.org/10.36709/sublimapsi.v1i2.12002
  12. Melati, M. R. A. S., & Barus, G. (2024). Hubungan Dukungan Sosial dengan Kesejahteraan Psikologis Mahasiswa Rantau (Studi Deskripsi Korelasi pada Mahasiswa Baru Angkatan 2023 Prodi BK Universitas Sanata Dharma Yogyakarta). Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(4), 74–85. https://doi.org/10.62383/edukasi.v1i3.615
  13. Merry; Mamahit, H. C. (2020). Stres Akademik Mahasiswa Aktif Angkatan 2018 dan 2019 Universitas Swasta di DKI Jakarta. Jurnal Konseling Indonesia, 6(1), 6–13. http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JKI
  14. Monica, A. T. (2015). Regulasi Emosi pada Wanita Pengidap Katsaridaphobia. Universitas Medan Area, 1–21. http://repository.uma.ac.id/handle/123456789/2050
  15. Olson, N., Oberhoffer-Fritz, R., Reiner, B., & Schulz, T. (2025). Estrés, agotamiento estudiantil y compromiso con el estudio una comparación transversal entre estudiantes universitarios de diferentes disciplinas académicas. BMC Psychology, 13(1), 293. https://bmcpsychology.biomedcentral.com/articles/10.1186/s40359-025-02602-6
  16. Sarafino, E. P. & Smith, T. W. (n.d.). Health Psychology Biopsychosocial Interactions (Seventh Ed). Jay O’Callaghan
  17. Yusuf, N. M., &Yusuf, J. M. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Stres Akademik. Psyche 165 Journal, 13(02), 235– 239. https://jpsy165.org/ojs/index.php/jpsy165/article/view/84
  18. Zahara, M., Martina, M., & Alfiandi, R. (2022). Hubungan regulasi emosi dengan stres akademik pada mahasiswa universitas syiah kuala. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Keperawatan, 6(1), 55–63. http://www.jim.unsyiah.ac.id/FKep/article/view/20658

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.