skip to main content

HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH PERMISIF DENGAN PERILAKU KONSUMTIF MEMBELI KOSMETIK PADA MAHASISWI PROGRAM STUDI MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMIKA DAN BISNIS UNIVERSITAS DIPONEGORO ANGKATAN 2020

Department of Psychology, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia

Received: 5 Aug 2023; Available online: 28 Feb 2025; Published: 14 Jun 2025.
Open Access Copyright 2025 Jurnal EMPATI
Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Citation Format:
Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pola asuh permisif dengan perilaku konsumtif membeli kosmetik pada mahasiswi Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis Angkatan 2020. Perilaku konsumtif membeli kosmetik adalah seberapa banyak perilaku membeli tanpa pertimbangan sehingga mahasiswi menghabiskan uang untuk membeli kosmetik riasan yang tidak didasarkan pada kebutuhan melainkan atas dasar keinginan yang tidak rasional demi kepuasan sesaat semata. Populasi dalam penelitian ini bersifat infinite. 120 orang terpilih sebagai sampel penelitian dan 50 orang terpilih sebagai sampel tryout. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah Skala Pola Asuh Permisif (30 aitem, =0.943) dan Skala Perilaku Konsumtif Membeli Kosmetik (42 aitem, =0.937). Hasil analisis regresi sederhana menunjukkan terdapat hubungan positif signifikan antara pola asuh permisif dengan perilaku konsumtif membeli kosmetik sehingga hipotesis penelitian dapat diterima (rxy= 0.277) dengan nilai p=0.002). Semakin kuat pola asuh permisif yang dirasakan, maka semakin tinggi pula perilaku konsumtif membeli kosmetik dan sebaliknya. Pola asuh permisif memberikan sumbangan efektif sebesar 7,7% terhadap perilaku konsumtif membeli kosmetik.

Fulltext View|Download
Keywords: perilaku konsumtif membeli kosmetik, pola asuh permisif, Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro

Article Metrics:

  1. Astuti, E. D. (2013). Perilaku konsumtif dalam membeli barang pada ibu rumah tangga di kota Samarinda. EJournal Psikologi, 1(2), 148–156. http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v1i2.3285
  2. Hadyanti, B. P., & Widodo, Y. H. (2022). Pola asuh permisif dan perilaku konsumtif Pada mahasiswa bimbingan dan konseling. Bulletin of Counseling and Psychotherapy, 4(2), 329-335. https://doi.org/10.51214/bocp.v4i2.222
  3. Kagotho et al. (2017). The role of family financial socialization and financial management skills on youth saving behavior. Journal of Adolescence, 59, 134–138. https://doi.org/10.1016/j.adolescence.2017.05.013
  4. Kilonzo, P. M. (2017). The impact of parenting styles on personality dimensions of adolescents in public secondary schools: A case of Mombasa County, Kenya. International Journal of Education and Research, 5(7), 263-276
  5. Mendelson, B. K., Mendelson, M. J., & White, D. R. (2001). Body-esteem scale for adolescents and adults. Journal of Personality Assessment, 76(1), 90–106. https://doi.org/10.1207/S15327752JPA7601_6
  6. Mowen, J. C. & Minor, M. ( 2002). Perilaku konsumen. Penerbit Erlangga
  7. Mutia, A. (2022). Makin meroket, pendapatan produk kecantikan dan perawatan diri di RI capai rp. 111,83 triliun pada 2022. Databoks
  8. Ridhayani, F., & Johan, I. R. (2020). The influence of financial literacy and reference group toward consumptive behavior across senior high school students. Journal of Consumer Sciences, 5(1), 29– 45. https://doi.org/10.29244/jcs.5.1.29-45
  9. Schiffman, L. G., & Kanuk, L. L. (2004). Perilaku Konsumen (7th ed). Rajawali Pers
  10. Soetjiningsih. (2010). Tumbuh kembang remaja dan permasalahannya. CV Sagung Seto
  11. Syafani, H. S. A., & Alfaruqy, M. Z. (2023). Hubungan antara social media engagement dengan body-esteem pada siswi Sman 1 Salatiga pengguna Instagram. Jurnal Empati, 12(2), 154-160. https://doi.org/10.14710/empati.2023.38634
  12. Taqwa, Y. S. S., & Mukhlis, I. (2022). Faktor yang mempengaruhi perilaku konsumtif pada generasi z. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 11(07)
  13. Wulandari, F., Wahyono, H., & Haryono, A. (2016). Pengaruh perhatian orang tua, respon pada iklan, intensitas pergaulan teman sebaya, dan pemahaman siswa pada mata pelajaran ekonomi terhadap perilaku konsumsi siswa kelas VII SMPN 2 Nglegok Kabupaten Blitar tahun ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 9(2), 99-106
  14. Wulaningsih, R. & Hartini, N. (2015). Hubungan antara persepsi pola asuh dan kontrol diri remaja terhadap perilaku merokok di pondok pesantren. Jurnal Psikologi Klinis dan Kesehatan Mental, 4(2), 119-126
  15. Yusuf, L. N. (2008). Psikologi perkembangan anak dan remaja. Remaja Rosdakarya
  16. Zap Clinic & Markplus Inc. (2020). Zap Beauty Index 2020. Zap Clinic. https://zapclinic.com/zapbeautyindex

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.