skip to main content

GENDERED EXPERIENCE MAHASISWI TEKNIK MESIN UNIVERSITAS DIPONEGORO: INTERPRETATIVE PHENOMENOLOGICAL ANALYSIS

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Received: 18 Jul 2023; Published: 14 Jun 2025.
Open Access Copyright 2025 Jurnal EMPATI
Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Citation Format:
Abstract

Bidang teknik mesin di perguruan tinggi di Indonesia memiliki persentase partisipasi mahasiswi yang rendah. Ini mengindikasikan bahwa kehadiran perempuan dengan atribut dan peran feminin yang dikaitkan oleh masyarakat, menjadi sebuah keunikan ketika berada di dalam lingkungan yang didominasi oleh laki-laki seperti jurusan teknik mesin. Penelitian bertujuan memahami gendered experience mahasiswi teknik mesin secara mendalam. Tiga mahasiswi teknik mesin minimal tingkat dua menjadi partisipan penelitian ini. Kriteria ini dipilih karena mahasiswi tingkat dua telah memiliki pengalaman yang lebih kaya dalam menjalani perkuliahan. Data dikumpulkan menggunakan wawancara semi-terstruktur dan dianalisis menggunakan Interpretative Phenomenological Analysis. Temuan penelitian mencakup 1.) pertimbangan melanjutkan studi ke teknik mesin; 2.) diskriminasi gender di lingkungan akademik, sosial, dan organisasi mahasiswa; 3.) persepsi menjadi bagian dari kelompok minoritas gender; 4.) ketidaknyamanan emosional akibat diskriminasi gender; 5.) kesadaran akan privilege; 6.) strategi koping dalam menghadapi diskriminasi gender. Temuan khusus mengenai seksisme di tempat Kerja Praktik ditemukan pada salah satu partisipan karena partisipan lainnya belum mendapatkan mata kuliah tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun stereotip peran gender tradisional tidak memengaruhi keputusan mahasiswi teknik mesin dalam memilih bidang studi tersebut, diskriminasi gender yang berakar pada stereotip peran gender tradisional tetap menjadi tantangan yang dihadapi oleh para mahasiswi di lingkungan kampus.

Note: This article has supplementary file(s).

Fulltext View|Download |  common.other
Untitled
Subject
Type Other
  Download (465KB)    Indexing metadata
Keywords: mahasiswi; teknik mesin; diskriminasi gender; interpretative phenomenological analysis

Article Metrics:

  1. Alfaruqy, M. Z. (2023). Identitas nasional dan keterlibatan politik pada pemilih pemula perempuan. Psyche 165 Journal, 16(2), 79–86. https://doi.org/10.35134/jpsy165.v16i2.236
  2. Alfaruqy, M. Z., & Masykur, A. M. (2014). Memaknai nasionalisme. Jurnal Empati, 3(2), 246-256. https://doi.org/10.14710/empati.2014.7519
  3. Blackburn, H. (2017). The status of women in STEM in higher education: A review of the literature 2007–2017. Science and Technology Libraries, 36(3), 235–273. https://doi.org/10.1080/0194262X.2017.1371658
  4. Biggs, A., Brough, P., & Drummond, S. (2017). Lazarus and Folkman’s psychological stress and coping theory. In J. C. Cooper, Cary L., Quick (Ed. 1), The Handbook of Stress and Health: A Guide to Research and Practice. John Wiley & Sons, Ltd. https://doi.org/10.2307/j.ctt207g7n0.5
  5. Bless, H., & Greifeneder, R. (2017). Perceiving and encoding. In Greifeneder, R., Bless, H., & Fiedler, K (Ed. 2). Social Cognition: How Individuals Construct Social Reality. Psychology Press. https://doi.org/10.4324/9781315648156
  6. Cooper, K. M., Downing, V. R., & Brownell, S. E. (2018). The influence of active learning practices on student anxiety in large-enrollment college science classrooms. International Journal of STEM Education, 5(1), 1-18. https://doi.org/10.1186/s40594-018-0123-6
  7. Fertig, J., & Kumpaty, S. (2020). STEMpathy Study on persistence in mechanical engineering. ASME International Mechanical Engineering Congress and Exposition, 84577. https://doi.org/https://doi.org/10.1115/IMECE2020-23679
  8. Forsyth, D. R. (2019). Group dynamics. Cengage Learning
  9. Hastuti, S., & Winkel, W. S. (2006). Bimbingan dan konseling di institusi pendidikan. Grasindo
  10. Hatmaker, D. M. (2013). Engineering identity: Gender and professional identity negotiation among women engineers. Gender, Work & Organization, 20(4), 382-396
  11. Helgeson, V. S. (2015). The psychology of gender. Psychology Press
  12. Hogg, M. A. (2016). Social identity theory. In S. McKeown, R. Haji, & N. Ferguson (Eds.), Understanding Peace and Conflict Through Social Identity Theory (pp. 3–17). https://doi.org/10.1007/978-3-319-29869-6
  13. Khilji, S. E., & Pumroy, K. H. (2019). We are strong and we are resilient: Career experiences of women engineers. Gender, Work and Organization, 26(7), 1032–1052. https://doi.org/10.1111/gwao.12322
  14. La Kahija, Y. F. (2017). Penelitian fenomenologis jalan memahami pengalaman hidup. Kanisius
  15. McRaney, K., Bridley, A., & Daffin, L. W. (2021). The psychology of gender. Washington State University
  16. Nikolenko, O. (2023). Nicknames as emotionally evaluative social identity carriers. International Journal of Social Science and Human Research, 06(03), 1369–1374. https://doi.org/10.47191/ijsshr/v6-i3-04
  17. Oswald, D. L., Baalbaki, M., & Kirkman, M. (2019). Experiences with benevolent sexism: Scale development and associations with women’s well-being. Sex Roles, 80(5–6), 362–380. https://doi.org/10.1007/s11199-018-0933-5
  18. Patton, W., & McMahon, M. (2014). Career development and systems theory: Connecting theory and practice (Vol 2). Springer
  19. Pehlivanli-Kadayifci, E. (2019). Exploring the hidden curriculum of gender in engineering education: A case of an engineering faculty in Turkey. International Journal of Engineering Education, 35(4), 1194–1205
  20. Powell, A., & Sang, K. J. C. (2015). Everyday experiences of sexism in male-dominated Professions: A bourdieusian Perspective. Sociology, 49(5), 919–936. https://doi.org/10.1177/0038038515573475
  21. Rahmawati, A., Suryanto, S., & Hartini, N. (2018). Fear of success perempuan bekerja (dalam perspektif budaya jawa). PALASTREN: Jurnal Studi Gender, 11(1), 73-92
  22. Robnett, R. D. (2016). Gender bias in STEM fields. Psychology of Women Quarterly 40 (1):65–79. doi: 10.1177/0361684315596162
  23. Santrock, J. W. (2014). Adolescence (15th ed.). McGraw-Hill
  24. Sari, I. A. & Kustanti, E. R. (2020). Hubungan antara kontrol diri dengan pengungkapan diri pada remaja pengguna media sosial instagram. Jurnal Empati, 9(1), 52-57. https://doi.org/10.14710/empati.2020.26921
  25. Scarduzio, J. A., Sheff, S. E., & Smith, M. (2018). Coping and sexual harassment: How victims cope across multiple settings. Archives of Sexual Behavior, 47, 327-340
  26. Schroth, H. (2019). Are you ready for Gen Z in the workplace?. California Management Review, 61(3), 5-18
  27. Sihotang, T. (2017). Rasionalitas mahasiswi dalam memilih jurusan teknik mesin di Universitas Riau. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 4(2), 1-12
  28. Smith, K. N., & Gayless, J. G. (2018). “Girl power”: Gendered academic and workplace experiences of college women in engineering. Social Sciences, 7(1). https://doi.org/10.3390/socsci7010011
  29. Solihati, N. (2020). Isu gender pada pendidikan vokasi teknik mesin bidang pengecoran logam. (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia)
  30. Taparia, M., & Lenka, U. (2022). An integrated conceptual framework of the glass ceiling effect. Journal of Organizational Effectiveness, 9(3), 372–400. https://doi.org/10.1108/JOEPP-06-2020-0098
  31. UNESCO. (2015). A complex formula: girls and women in science, technology, engineering and mathematics in Asia. UNESCO Bangkok
  32. Visa, R. Y. (2015). Relasi kuasa dalam pendidikan yang dikonstruksi maskulin (studi di fakultas teknik Universitas Gadjah Mada). (Doctoral dissertation, Universitas Gadjah Mada)
  33. Wigati, R., Soelarso, S., & Abdurohim, A. (2017). Paradigma mahasiswa perempuan kuliah di fakultas teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Jurnal Pendidikan Karakter JAWARA (Jujur, Adil, Wibawa, Amanah, Religius, Akuntabel), 3(1)
  34. Yazid, T. P., & Ridwan, R. (2017). Proses persepsi diri mahasiswi dalam berbusana muslimah. An-Nida', 41(2), 193-201
  35. Yulindrasari, H., & Adriany, V. (2023). Stereotip gender lintas generasi: Eksplorasi konstruksi gender kontemporer generasi milenial (Y) dan generasi pascamilenial (Z) di Bandung. Jurnal Psikologi Sosial, 21(1), 98-

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.