Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia
BibTex Citation Data :
@article{EMPATI40345, author = {Ajeng Rahadianputri and Muhammad Alfaruqy}, title = {GENDERED EXPERIENCE MAHASISWI TEKNIK MESIN UNIVERSITAS DIPONEGORO: INTERPRETATIVE PHENOMENOLOGICAL ANALYSIS}, journal = {Jurnal EMPATI}, volume = {14}, number = {1}, year = {2025}, keywords = {mahasiswi; teknik mesin; diskriminasi gender; interpretative phenomenological analysis}, abstract = { Bidang teknik mesin di perguruan tinggi di Indonesia memiliki persentase partisipasi mahasiswi yang rendah. Ini mengindikasikan bahwa kehadiran perempuan dengan atribut dan peran feminin yang dikaitkan oleh masyarakat, menjadi sebuah keunikan ketika berada di dalam lingkungan yang didominasi oleh laki-laki seperti jurusan teknik mesin. Penelitian bertujuan memahami gendered experience mahasiswi teknik mesin secara mendalam. Tiga mahasiswi teknik mesin minimal tingkat dua menjadi partisipan penelitian ini. Kriteria ini dipilih karena mahasiswi tingkat dua telah memiliki pengalaman yang lebih kaya dalam menjalani perkuliahan. Data dikumpulkan menggunakan wawancara semi-terstruktur dan dianalisis menggunakan Interpretative Phenomenological Analysis . Temuan penelitian mencakup 1.) pertimbangan melanjutkan studi ke teknik mesin; 2.) diskriminasi gender di lingkungan akademik, sosial, dan organisasi mahasiswa; 3.) persepsi menjadi bagian dari kelompok minoritas gender; 4.) ketidaknyamanan emosional akibat diskriminasi gender; 5.) kesadaran akan privilege ; 6.) strategi koping dalam menghadapi diskriminasi gender. Temuan khusus mengenai seksisme di tempat Kerja Praktik ditemukan pada salah satu partisipan karena partisipan lainnya belum mendapatkan mata kuliah tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun stereotip peran gender tradisional tidak memengaruhi keputusan mahasiswi teknik mesin dalam memilih bidang studi tersebut, diskriminasi gender yang berakar pada stereotip peran gender tradisional tetap menjadi tantangan yang dihadapi oleh para mahasiswi di lingkungan kampus. }, issn = {2829-1859}, pages = {1--13} doi = {10.14710/empati.2025.40345}, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/40345} }
Refworks Citation Data :
Bidang teknik mesin di perguruan tinggi di Indonesia memiliki persentase partisipasi mahasiswi yang rendah. Ini mengindikasikan bahwa kehadiran perempuan dengan atribut dan peran feminin yang dikaitkan oleh masyarakat, menjadi sebuah keunikan ketika berada di dalam lingkungan yang didominasi oleh laki-laki seperti jurusan teknik mesin. Penelitian bertujuan memahami gendered experience mahasiswi teknik mesin secara mendalam. Tiga mahasiswi teknik mesin minimal tingkat dua menjadi partisipan penelitian ini. Kriteria ini dipilih karena mahasiswi tingkat dua telah memiliki pengalaman yang lebih kaya dalam menjalani perkuliahan. Data dikumpulkan menggunakan wawancara semi-terstruktur dan dianalisis menggunakan Interpretative Phenomenological Analysis. Temuan penelitian mencakup 1.) pertimbangan melanjutkan studi ke teknik mesin; 2.) diskriminasi gender di lingkungan akademik, sosial, dan organisasi mahasiswa; 3.) persepsi menjadi bagian dari kelompok minoritas gender; 4.) ketidaknyamanan emosional akibat diskriminasi gender; 5.) kesadaran akan privilege; 6.) strategi koping dalam menghadapi diskriminasi gender. Temuan khusus mengenai seksisme di tempat Kerja Praktik ditemukan pada salah satu partisipan karena partisipan lainnya belum mendapatkan mata kuliah tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun stereotip peran gender tradisional tidak memengaruhi keputusan mahasiswi teknik mesin dalam memilih bidang studi tersebut, diskriminasi gender yang berakar pada stereotip peran gender tradisional tetap menjadi tantangan yang dihadapi oleh para mahasiswi di lingkungan kampus.
Note: This article has supplementary file(s).
Article Metrics:
Last update:
Jurnal Empati by https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article shall be assigned to Jurnal Empati and Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro as the publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all forms and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Jurnal Empati and the Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro, and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions, or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Jurnal Empati are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The Copyright Transfer Form can be downloaded here: [Copyright Transfer Form Jurnal Empati]. The copyright form should be signed originally, scanned, and uploaded as a supplementary file when submitting the manuscript.
Jurnal EMPATI published by Faculty of Psychology, Diponegoro University