skip to main content

PENGARUH PELATIHAN SELF-COMPASSION SECARA DARING UNTUK MENINGKATKAN PENERIMAAN DIRI PADA MAHASISWA DENGAN FOBIA SPESIFIK RINGAN

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Open Access Copyright 2022 Jurnal EMPATI
Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Citation Format:
Abstract

Mahasiswa tahun pertama kuliah perlu menguasai cara mengatur lingkungan sosial yang baru, sehingga individu harus menyesuaikan dengan lingkungan mereka, mengembangkan identitas diri mereka dan membentuk hubungan dekat dengan orang lain. Mahasiswa yang berjuang dengan fobia akan lebih sulit untuk memiliki penerimaan diri. Pelatihan self-compassion disebutkan dapat membantu individu untuk meningkatkan emosi positif dalam diri mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pelatihan self-compassion secara daring untuk meningkatkan penerimaan diri pada mahasiswa tahun pertama dengan fobia spesifik ringan. Desain yang digunakan yaitu randomized pretest-postest control group design. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa baru dengan tingkat fobia spesifik ringan dan penerimaan diri yang rendah dan sedang. Terdapat total 26 subjek dalam penelitian ini. Pengambilan data menggunakan skala  Severity Measure for Specific Phobia—Adult dari APA dan skala penerimaan diri. Hasil uji menunjukkan tidak ada perbedaan signifikan antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen (p=0,059 (0>0,05) untuk uji Mann-Whitney U. Selanjutnya dilakukan uji Friedman untuk mengetahui perbedaan pada kelompok eksperimen dari sebelum dan sesudah diberi perlakuan dan mengikuti follow-up. Hasil uji menunjukkan terdapat perbedaan signifikan pada kelompok eksperimen sebelum dan sesudah diberi perlakuan, serta setelah mengikuti follow-up (p=0,018, p<0,05). Hal tersebut mengindikasikan bahwa pelatihan self-compassion secara daring dapat dilakukan untuk meningkatkan penerimaan diri pada mahasiswa tahun pertama Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro dengan fobia spesifik ringan.

Fulltext View|Download
Keywords: fobia spesifik; mahasiswa; pelatihan daring; penerimaan diri; self-compassion

Article Metrics:

  1. American Psychiatric Association. (2013). Diagnostic and statistical manual of mental disorders: DSM-5 (5th ed.). American Psychiatric Association. https://doi.org/10.1176/appi.books.9780890425596
  2. Bluth, K., Roberson, P. N. E., & Gaylord, S. A. (2015). A pilot study of a mindfulness intervention for adolescents and the potential role of self-compassion in reducing stress. Journal of Science and Healing, 11, 292–295. https://doi.org/10.1016/j.explore.2015.04.005
  3. Creswell, J. W. (2012). Educational research : planning, conducting, and evaluating quantitave and qualitative research. Pearson Education
  4. Finlay-jones, A., Kane, R., & Rees, C. (2016). Self-compassion online : A pilot study of an internet-based self-compassion cultivation program for psychology trainees. Journal of Clinical Psychology, 00, 1–20. https://doi.org/10.1002/jclp.22375
  5. Germer, C. K., & Neff, K. D. (2013). Self-Compassion in clinical practice. Journal of Clinical Psychology, 69, 856–867. https://doi.org/10.1002/jclp.22021
  6. Gregory, J. (2019). Self-Acceptance in overcoming phobia. Phobia anxiety. http://www.phobia-anxiety.org/self-acceptance-overcoming-phobias/
  7. Halamová, J., Kanovský, M., & Jurková, V. (2018). Effect of a short-term online version of a mindfulness-based intervention on self-criticism and self-compassion in a nonclinical sample. Studia Psychologica, 60(4), 259–273. https://doi.org/10.21909/sp.2018.04.766
  8. Indrawati, E. ., & Fauziah, N. (2010). Penyesuaian sosial dan tingkat kesepian mahasiswa tahun pertama Fakultas Psikologi Undip. Jurnal Psikologi Undip, 1–37
  9. Krieger, T., Sander, D., Brink, E. Van Den, & Berger, T. (2016). Working on self-compassion online : A proof of concept and feasibility study. Journal of Internet Intervention, 6, 64–70. https://doi.org/10.1016/j.invent.2016.10.001
  10. Neff, K. D. (2011). Self-compassion, self-esteem, and well-being. Social and Personality Psychology Compass, 5(1), 1–12
  11. Siswati, S., & Hadiyati, F. N. R. (2017). Hubungan antara self-compassion dan efikasi diri pada mahasiswa yang sedang menyelesaikan tugas akhir. Mediapsi, 3, 22–28. https://doi.org/10.21776/ub.mps.2017.003.02.3
  12. Yalom, I. ., & Leszcz, M. (2005). The teory and practice of group psychotherapy (5th ed.). Basic Books

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.