slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor
HUBUNGAN ANTARA FANATISME DENGAN PERILAKU KONSUMTIF PADA REMAJA PENGGEMAR KPOP DI SEMARANG | Hidayati | Jurnal EMPATI skip to main content

HUBUNGAN ANTARA FANATISME DENGAN PERILAKU KONSUMTIF PADA REMAJA PENGGEMAR KPOP DI SEMARANG

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Received: 17 Mar 2022; Published: 17 Mar 2022.
Open Access Copyright 2022 Jurnal EMPATI under http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0/.

Citation Format:
Abstract

Penelitian memiliki tujuan untuk mengetahui hubungan antara fanatisme dengan perilaku konsumtif pada remaja penggemar Kpop di Semarang. Perilaku konsumtif adalah perilaku membeli produk yang tidak lagi mempertimbangkan kebutuhan rasional melainkan berdasarkan keinginan berlebihan, kesenangan atau hanya perasaan emosi demi memperoleh kenyamanan fisik dan memberikan kepuasan. Fanatisme adalah pengabdian yang luar biasa baik secara positif maupun negatif dan dianut secara mendalam pada suatu objek dapat berupa merek, produk, orang, acara televisi, agama, ideologi, dan politik sehingga menghasilkan keintiman. Populasi penelitian ini adalah remaja penggemar Kpop di Semarang yang berjumlah 175 dengan sampel penelitian 120 remaja. Teknik pengambilan sampel menggunakan convenience sampling. Alat ukur yang digunakan adalah Skala Fanatisme (24 aitem, α=0,878), dan Skala Perilaku Konsumtif (25 aitem, α=0,883). Uji hipotesis menggunakan teknik analisis regresi sederhana. Uji korelasi regresi sederhana diperoleh nilai rxy =0,783 dengan p=0,000 (p<0,05), sehingga terdapat hubungan poistif antara fanatisme dengan perilaku konsumtif pada remaja penggemar Kpop di Semarang. Fanatisme memberikan sumbangan efektif 61,3% terhadap perilaku konsumtif pada remaja penggemar Kpop di Semarang.

 

Fulltext View|Download
Keywords: fanatisme, perilaku konsumtif, penggemar kpop

Article Metrics:

  1. Afradhila, H., (2014). Hubungan antara fanatisme terhadap produk perawatan wajah dengan citra diri fisik pada wanita dewasa awal [Skripsi tidak dipublikasikan]. Universitas Diponegoro
  2. Goddard, H. (2001). Civil region. Cambridge University Press
  3. Hurlock, E.B. (2003). Psikologi perkembangan: Suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan (5th ed.). Penerbit Erlangga
  4. Ismail, A. (2008). Selamat menabur: 33 renungan tentang didik-mendidik. Gunung Mulia
  5. Jannah, M. (2014). Gambaran identitas diri remaja akhir wanita yang memiliki fanatisme k-pop di samarinda. Jurnal Psikologi. 2(2), 182-194
  6. KOCIS. (2011). K-pop: A new force in pop music. Korean Culture and Information Servis. Ministry of Culture, Sports and Tourism
  7. Kumparan.com. (2017, Januari 6). Fanatisme fans k-pop: Candu dan bumbu remaja. Kumparan. https://kumparan.com/@kumparank-pop/fanatisme-fans-k-pop-candu-dan-bumbu-remaja
  8. Mardhiyah, H. (2018). Hubungan antara konformitas dengan perilaku konsumtif pada remaja penggemar Kpop [Skripsi tidak dipublikasikan]. Universitas Gunadarma
  9. Monks, F.J., Knoers, A.M.P., & Haditono, S.R. (2014). Psikologi perkembangan pengantar dalam berbagai bagiannya. Gadjah Mada University Press
  10. Mucslich, M. (2017). Hubungan antara fanatisme dengan perilaku konsumtif pada supporter Lazio di Surabaya. Jurnal Penelitian Psikologi, 8(2), 1-7
  11. Putri, K.A., Amirudin, & Purnomo, M.H. (2019). Korean wave dalam fanatisme dan kntruksi gaya hidup generasi Z. NUSA: Jurnal Ilmu Bahasa dan Sastra, 14(1), 125-135
  12. Rahmadian, P. (2018). Hubungan antara fanatisme dengan perilaku konsumtif remaja fandom penggemar korean pop di indonesia. Jurnal Riset Psikologi, 8(3)
  13. Sari, F.P. (2010). Hubungan fanatisme dengan perilaku konsumtif pada k-poppers (penggemar k-pop) di Kota Padang [Skripsi tidak dipublikasikan]. Universitas Padang
  14. Sumartono. (2002). Terperangkap dalam iklan: Meneropong imbas pesan iklan televisi. Alfabeta
  15. Susilawati, N. A. (2014). Pengaruh identitas sosial terhadap gaya hidup penggemar k-pop (Korean pop) (Studi pada Komunitas K-pop UIN Bandung / KUIN B) [Skripsi tidak dipublikasikan]. UIN Sunan Gunung Djati
  16. Swastha, B., & Handoko, H.T. (2000). Manajemen pemasaran (Analisa perilaku konsumen). BPFE UGM
  17. Thorne, S., dan Bruner, G. C. (2006). An exploratory investigation of the characteristics of consumer fanaticism. Qualitative Market Research: an International Journal, 9(1), 51-72
  18. Wulandari, S.A., Budiati, A.C., & Nurhadi. (2018). Perilaku konsumtif pada peserta didik penggemar Kpop di SMA Negeri 4 Surakarta [Skripsi tidak dipublikasikan]. Universitas Sebelas Maret

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.