Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia
BibTex Citation Data :
@article{EMPATI33352, author = {Nafi Alvian and Nailul Fauziah}, title = {HUBUNGAN ANTARA SECURE ATTACHMENT ORANG TUA-ANAK DENGAN KECENDERUNGAN PERILAKU KONSUMTIF PADA SISWA SMA ISLAM HIDAYATULLAH KOTA SEMARANG}, journal = {Jurnal EMPATI}, volume = {10}, number = {6}, year = {2021}, keywords = {kecenderungan perilaku konsumtif; secure attachment orang tua-anak; siswa SMA}, abstract = { Kecenderungan perilaku konsumtif merupakan tendensi tindakan negatif yang dilakukan oleh individu untuk memuaskan hasrat dan kepuasan semata dalam membeli produk. Orang tua mempunyai peran yang vital dalam membentuk perilaku dan kepribadian anak. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui hubungan antara secure attachment orang tua-anak dengan kecenderungan perilaku konsumtif pada siswa SMA Islam Hidayatullah Semarang. Sampel penelitian ini adalah sebanyak 188 siswa yang terdiri dari kelas X, XI, dan XII dengan karakteristik siswa aktif dan bersedia menjadi subjek penelitian. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala secure attachment orang tua-anak (18 aitem, α= 0,907) dan skala kecenderungan perilaku konsumtif (29 aitem, α= 0,948). Analis data yang digunakan adalah regresi sederhana yang menunjukkan adanya hubungan negatif dan signifikan antara secure attachment orang tua-anak dengan kecenderungan perilaku konsumtif, yaitu rₓᵧ = -0,528 dengan p=0,000. Artinya, semakin tinggi secure attachment orang tua-anak maka semakin rendah kecenderungan perilaku konsumtif. Secure attachment orang tua-anak memberikan sumbangan efektif sebanyak 26,8% terhadap kecenderungan perilaku konsumtif pada siswa. }, issn = {2829-1859}, pages = {431--435} doi = {10.14710/empati.2021.33352}, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/33352} }
Refworks Citation Data :
Kecenderungan perilaku konsumtif merupakan tendensi tindakan negatif yang dilakukan oleh individu untuk memuaskan hasrat dan kepuasan semata dalam membeli produk. Orang tua mempunyai peran yang vital dalam membentuk perilaku dan kepribadian anak. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui hubungan antara secure attachment orang tua-anak dengan kecenderungan perilaku konsumtif pada siswa SMA Islam Hidayatullah Semarang. Sampel penelitian ini adalah sebanyak 188 siswa yang terdiri dari kelas X, XI, dan XII dengan karakteristik siswa aktif dan bersedia menjadi subjek penelitian. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala secure attachment orang tua-anak (18 aitem, α= 0,907) dan skala kecenderungan perilaku konsumtif (29 aitem, α= 0,948). Analis data yang digunakan adalah regresi sederhana yang menunjukkan adanya hubungan negatif dan signifikan antara secure attachment orang tua-anak dengan kecenderungan perilaku konsumtif, yaitu rₓᵧ = -0,528 dengan p=0,000. Artinya, semakin tinggi secure attachment orang tua-anak maka semakin rendah kecenderungan perilaku konsumtif. Secure attachment orang tua-anak memberikan sumbangan efektif sebanyak 26,8% terhadap kecenderungan perilaku konsumtif pada siswa.
Article Metrics:
Last update:
Jurnal Empati by https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article shall be assigned to Jurnal Empati and Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro as the publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all forms and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Jurnal Empati and the Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro, and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions, or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Jurnal Empati are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The Copyright Transfer Form can be downloaded here: [Copyright Transfer Form Jurnal Empati]. The copyright form should be signed originally, scanned, and uploaded as a supplementary file when submitting the manuscript.
Jurnal EMPATI published by Faculty of Psychology, Diponegoro University