skip to main content

STUDI PENDAHULUAN: PENYUSUNAN MODUL INTERVENSI KEBERSYUKURAN DARING UNTUK MENURUNKAN BURNOUT PADA PERAWAT

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Received: 12 Dec 2021; Published: 12 Dec 2021.
Open Access Copyright 2021 Jurnal EMPATI under http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0/.

Citation Format:
Abstract

Perawat merupakan salah satu tenaga kesehatan yang menjadi garis terdepan dalam dunia kesehatan. Tanggung jawab dan rutinitas dalam bekerja serta tuntutan masa pandemi COVID-19 membuat perawat memiliki potensi terkena burnout. Oleh karena itu dibutuhkan suatu upaya untuk menurunkan burnout yang dialami oleh perawat yang mempertimbangkan waktu kerja perawat. Penelitian ini menggunakan metode riset aksi yang bertujuan untuk menyusun modul intervensi kebersyukuran daring untuk menurunkan burnout pada perawat.  Penyusunan modul dilakukan dalam beberapa tahapan, yaitu analisis kebutuhan, penyusunan modul, expert judgment secara kualitatif oleh lima orang tenaga ahli di bidang psikologi, revisi modul awal, uji coba lapangan dengan enam partisipan, revisi modul II, dan modul evaluasi. Berdasarkan hasil validasi ahli dan evaluasi partisipan uji coba, modul mengalami perbaikan dan penelitian ini menghasilkan modul intervensi kebersyukuran daring yang terdiri dari pre-test dan tiga sesi intervensi (pembukaan, intervensi, penutupan) serta follow-up yang telah siap dilakukan penelitian lanjutan atau diimplementasikan pada perawat.

 

Fulltext View|Download
Keywords: Intervensi kebersyukuran daring, burnout, perawat, penyusunan modul, riset aksi

Article Metrics:

  1. Chan, D. W. (2011). Burnout and life satisfaction : does gratitude intervention make a difference among Chinese school teachers in Hong Kong ? Educational Psychology, 31(7), 809–823
  2. Dewanto, W., & Retnowati, S. (2015). Intervensi kebersyukuran dan kesejahteraan penyandang disabilitas fisik. Gadhaj Mada Journal of Professional Psychology, 1(1), 33–47
  3. FKUI, H. (2020). 83% Tenaga kesehatan Indonesia mengalami burnout syndrome derajat sedang dan berat selama masa pandemi Covid-19 (hal. 1–2). Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. https://fk.ui.ac.id/berita/83-tenaga-kesehatan-indonesia-mengalami-burnout-syndrome-derajat-sedang-dan-berat-selama-masa-pandemi-covid-19.html
  4. Handayani, R. T., Kuntari, S., Darmayanti, A. T., Widiyanto, A., & Atmojo, J. T. (2020). Faktor penyebab stres pada tenaga kesehatan dan masyarakat saat pandemi Covid-19. Jurnal Keperawatan Jiwa, 8(3), 353–360. https://doi.org/10.26714/jkj.8.3.2020.353-360
  5. Harnida, H. (2015). Hubungan efikasi diri dan dukungan sosial dengan burnout pada perawat. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 4(1), 31–43. https://doi.org/10.30996/persona.v4i1.487
  6. Killen, A., & Macaskill, A. (2015). Using a gratitude intervention to enhance wellbeing in older adults. Journal of hapiness studies, 16(4), 947–964
  7. Leguminosa, P., Nashori, F., Rachmawati, M. A., & Indonesia, U. I. (2017). Pelatihan kebersyukuran untuk menurunkan stres kerja guru di sekolah inklusi. Jurnal Ilmiah Psikologi terapan, 05(02), 186–201
  8. Maslach, C, & Leiter, M. P. (1997). The truth about burnout: How organizations cause personal stress and what to do about it. In Jossey-Bass (1st ed.)
  9. Maslach, Christina, & Leiter, M. P. (2016). Understanding the burnout experience: Recent research and its implications for psychiatry. World Psychiatry, 15(2), 103–111. https://doi.org/10.1002/wps.20311
  10. Maslach, Christina, Schaufeli, W. B., & Leiter, M. P. (2001). Job burnout. Annual Reviews Psychology, 52, 397–422
  11. Putra, A. I. D. (2014). Efektivitas pelatihan bersyukur untuk meningkatkan resiliensi pada penyintas erupsi Gunung Sinabung. Universitas Sumatera Utara
  12. Ramdan, I. M., & Fadly, O. N. (2016). Analisis faktor yang berhubungan dengan burnout pada perawat kesehatan jiwa. Jurnal Keperawatan Padjadjaran, 4(2). https://doi.org/https://doi.org/10.24198/jkp.v4i2.240
  13. Rippstein-Leuenberger, K., Mauthner, O., Bryan Sexton, J., & Schwendimann, R. (2017). A qualitative analysis of the Three Good Things intervention in healthcare workers. BMJ Open, 7(5), 3–8. https://doi.org/10.1136/bmjopen-2017-015826
  14. Roberts, P. (2018). Three Good Things: Build resilience and improve well-being. American Nurse Today, 13(12), 26–28. https://lopes.idm.oclc.org/login?url=https://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&db=ccm&AN=134199482&site=eds-live&scope=site
  15. Rosyid, H. F. (1996). Burnout : Penghambat produktifitas yang perlu dicermati. Buletin Psikologi, IV(1), 19–25
  16. Sari, H. P. (2021, Maret 17). PPNI: Insentif dan jam kerja jadi masalah perawat selama pandemi Covid-19. Kompas.com, 1–5. https://nasional.kompas.com/read/2021/03/17/17464151/ppni-insentif-dan-jam-kerja-jadi-masalah-para-perawat-selama-pandemi-covid
  17. Seligman, M. E. P., Steen, T. A., Park, N., Peterson, C., & Report, P. (2005). Positive psychology progress: empirical validation of interventions. Norsk Psykologforening, 42, 874–884. https://doi.org/https://psycnet.apa.org/doi/10.1037/0003-066X.60.5.410
  18. Soep. (2012). Stres kerja perawat berdasarkan karakteristik organisasi di rumah sakit. Jurnal Keperawatan Indonesia, XV(1), 67–74
  19. Suharti, N., & Daulima, N. helena C. (2013). Burnout dengan kinerja perawat di Rumah Sakit Metropolitan Medical Centre Jakarta. FIK UI, 1–10
  20. Tinambunan, E. M. K., & Tampubolon. (2018). Burnout syndrome pada perawat diruangan rawat inap rumah sakit santa elisabeth medan. Jurnal Keperawatan Priority, 1(1), 85–98. http://jkp.fkep.unpad.ac.id/index.php/jkp/article/view/240
  21. Tomal, D. R. (2010). Action Research for Educator (2nd ed.). Rowman & Littlefield Publishers, Inc. http://www.rowmaneducation.com
  22. Wong, Y. J., Owen, J., Gabana, N. T., Brown, J. W., Toth, P., Gilman, L., Wong, Y. J., Owen, J., Gabana, N. T., Brown, J. W., Wong, Y. J., Owen, J., Gabana, N. T., Brown, J. W., Mcinnis, S., Toth, P., & Gilman, L. (2016). Does gratitude writing improve the mental health of psychotherapy clients? Evidence from a randomized controlled trial. Psychoterapy Research, May, 1–11. https://doi.org/10.1080/10503307.2016.1169332

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.