Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia
BibTex Citation Data :
@article{EMPATI32602, author = {Rosiana Safitri and Novi Qonitatin}, title = {HUBUNGAN ANTARA WORK ENGAGEMENT DENGAN KECEMASAN TERTULAR COVID-19 PADA TENAGA PENDIDIK DI AKADEMI MILITER}, journal = {Jurnal EMPATI}, volume = {10}, number = {4}, year = {2021}, keywords = {work engagement, kecemasan tertular COVID-19, tenaga pendidik}, abstract = { Adanya kebutuhan untuk tetap bekerja dimasa pandemi COVID-19 merupakan salah satu tantangan bagi tenaga pendidik di Akademi Militer karena dapat memicu timbulnya kecemasan tertular COVID-19. Sebagai tenaga pendidik yang harus melakukan proses pembelajaran secara luring memerlukan keterikatan pada bidang kerjanya yang dapat mempengaruhi penilaian dan evaluasi terhadap pekerjaan itu sendiri di tengah sitauasi pandemi. Tujuan dari adanya penelitian ini adalah mengetahui hubungan antara work engagement dengan kecemasan tertular COVID-19 pada tenaga pendidik di Akademi Militer. Terdapat 230 tenaga pendidik sebagai populasi dan sebanyak 147 tenaga pendidik sebagai sampel dalam penelitian ini. Sampel didapatkan melalui cluster random sampling . Alat ukur yang digunakan adalah Skala Work Engagement untuk mengukur work engagement (29 aitem, α = 0.922) dan alat ukur Skala Kecemasan Tertular COVID-19 untuk mengukur kecemasan tertular COVID-19 (24 aitem, α = 0.924). Uji korelasi non-parametrik Spearman’s Rho menunjukan bahwa terdapat hubungan negatif yang signifikan antara work engagement dengan kecemasan tertular COVID-19 pada tenaga pendidik di Akademi Militer (r s = -0.411; p <0.001). Artinya semakin tinggi work engagement yang dimiliki maka semakin rendah kecemasan tertular COVID-19 yang dialami dan sebaliknya. Berdasarkan hasil penelitian work engagement yang dimiliki tenaga pendidik di Akademi Militer tergolong tinggi dengan tingkat kecemasan tertular COVID-19 rendah. }, issn = {2829-1859}, pages = {260--269} doi = {10.14710/empati.2021.32602}, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/32602} }
Refworks Citation Data :
Adanya kebutuhan untuk tetap bekerja dimasa pandemi COVID-19 merupakan salah satu tantangan bagi tenaga pendidik di Akademi Militer karena dapat memicu timbulnya kecemasan tertular COVID-19. Sebagai tenaga pendidik yang harus melakukan proses pembelajaran secara luring memerlukan keterikatan pada bidang kerjanya yang dapat mempengaruhi penilaian dan evaluasi terhadap pekerjaan itu sendiri di tengah sitauasi pandemi. Tujuan dari adanya penelitian ini adalah mengetahui hubungan antara work engagement dengan kecemasan tertular COVID-19 pada tenaga pendidik di Akademi Militer. Terdapat 230 tenaga pendidik sebagai populasi dan sebanyak 147 tenaga pendidik sebagai sampel dalam penelitian ini. Sampel didapatkan melalui cluster random sampling. Alat ukur yang digunakan adalah Skala Work Engagement untuk mengukur work engagement (29 aitem, α = 0.922) dan alat ukur Skala Kecemasan Tertular COVID-19 untuk mengukur kecemasan tertular COVID-19 (24 aitem, α = 0.924). Uji korelasi non-parametrik Spearman’s Rho menunjukan bahwa terdapat hubungan negatif yang signifikan antara work engagement dengan kecemasan tertular COVID-19 pada tenaga pendidik di Akademi Militer (rs = -0.411; p <0.001). Artinya semakin tinggi work engagement yang dimiliki maka semakin rendah kecemasan tertular COVID-19 yang dialami dan sebaliknya. Berdasarkan hasil penelitian work engagement yang dimiliki tenaga pendidik di Akademi Militer tergolong tinggi dengan tingkat kecemasan tertular COVID-19 rendah.
Article Metrics:
Last update:
Jurnal Empati by https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article shall be assigned to Jurnal Empati and Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro as the publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all forms and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Jurnal Empati and the Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro, and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions, or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Jurnal Empati are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The Copyright Transfer Form can be downloaded here: [Copyright Transfer Form Jurnal Empati]. The copyright form should be signed originally, scanned, and uploaded as a supplementary file when submitting the manuscript.
Jurnal EMPATI published by Faculty of Psychology, Diponegoro University