skip to main content

HUBUNGAN ANTARA HARGA DIRI DENGAN PENYESUAIAN DIRI PADA MAHASISWI RANTAU DI FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS DIPONEGORO SEMARANG

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Received: 10 Dec 2021; Published: 12 Dec 2021.
Open Access Copyright 2021 Jurnal EMPATI under http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0/.

Citation Format:
Abstract

Mahasiswa rantau memiliki tantangan penyesuaian diri yang tinggi saat menjalankan pendidikan di perguruan tinggi, terlebih pada mahasiswa rantau perempuan. Mahasiswi rantau seharusnya dapat dengan mudah dalam menyesuaikan diri. Namun mereka kesulitan dalam menyesuaiankan diri yang dapat mempengaruhi mereka dalam mengerjakan tugas dan mencari teman Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara empiric mengenai hubungan antara harga diri dengan penyesuaian diri pada mahasiswi rantau di Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro Semarang. Populasi penelitian yaitu mahasiswi angkatan 2019 Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro yang berasal dari luar Jawa Tengah dan Yogyakarta. Teknik sampling yang digunakan yaitu simple random sampling dan didapatkan sebanyak 101 mahasiswi sebagai subjek penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan skala psikologi likert yang terdiri dari dua skala, yaitu skala harga diri (35 aitem, α=0,928) dan skala penyesuaian diri (38 aitem α=0,924). Analisis data menggunakan teknik analisis regresi sederhana dengan bantuan SPSS versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai koefisien korelasi 0,765 dengan nilai p=0,000 (p<0,05). Hasil ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara harga diri dengan penyesuaian diri pada mahasiswi rantau di Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro Semarang. Harga diri memiliki sumbangan efektif sebesar 58,4,% terhadap penyesuaian diri dan sisanya sebesar 41,6% dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak diungkap dalam penelitian ini.

 

Fulltext View|Download
Keywords: penyesuaian diri, harga diri, mahasiswi rantau

Article Metrics:

  1. Ali, M & Ashori, M. (2012). Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Bumi Aksara
  2. Azwar, S. (2010). Reliabilitas dan Validitas.Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  3. Desmita. (2011). Psikologi Perkembangan Remaja. Bandung: Rosda Karya
  4. Fatimah, E. (2008). Psikologi Perkembangan. Sukoharjo: Pustaka Setia
  5. Handayani, P. G., & Yuca, V. (2019). Kontribusi Culture Shock Terhadap Self Adjustment Mahasiswa Kelas Internasional Universitas Negeri Padang. Jurnal Neo Konseling, 1(3). DOI: 10.24036/00190kons2019
  6. Meidiana, M. (2012). Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Bumi Aksara
  7. Mruk. C.J. (2006). Self-Esteem Research, Theory, and Practice. New York City: Springer Publishing Company
  8. Pasha, H.D. & Munaf, S. (2013). Relationship of self-esteem and adjusment in traditional university students. Procedia. DOI: 10.1016/j.sbspro.2013.06.688
  9. Rufaida, H. & Kustanti E. R. (2017). Hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dengan penyesuaian diri pada mahasiswa rantau dari sumatera di universitas diponegoro. Jurnal Empati, 7(3), 217-222
  10. Siswoyo, D. (2007). Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Pers
  11. Utami, M.B. (2016). Hubungan antara harga diri dan penyesuaian diri siswi kelas x sma takaranita 1. Jurnal Psikoedukasi, 14. ISSN: 1412-9310
  12. Yeniar, M., Abidin, Z. & Astuti, T. P. (2005). Penyesuaian diri santri putri terhadap kehidupan pesantren: studi kasus kualitatif pada madrasah takhasusiah pondok pesantren modern islam assalaam surakarta. Jurnal Psikologi Undip, 2(1), 10-17

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.