skip to main content

HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN STRES PENGASUHAN PADA IBU YANG MEMILIKI ANAK AUTISME

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Received: 22 Mar 2021; Published: 22 Mar 2021.
Open Access Copyright 2021 Jurnal EMPATI under http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0/.

Citation Format:
Abstract

Kehadiran anak yang mengalami autisme dapat memunculkan stres pada ibu sebagai figur utama pengasuhan anak. Salah satu kemampuan yang berpengaruh menurunkan stres pengasuhan adalah kecerdasan emosional yang dimiliki ibu. Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara Kecerdasan Emosional dengan Stres Pengasuhan pada ibu yang memiliki anak autisme. Populasi dalam penelitian ini adalah ibu yang memiliki anak autisme di Klinik YAMET Tanjungpinang dan Batam, SLBN 1 Tanjungpinang, SLBN 2 Tanjungpinang dan SLBN Bintan. Subjek penelitian adalah 80 ibu yang memiliki anak autisme. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan dua Skala Psikologi, yaitu Skala Stres Pengasuhan (28 aitem, α = 0.940) dan Skala Kecerdasan Emosional (35 aitem α = 0.954). Analisis data menggunakan regresi sederhana yang menunjukkan adanya hubungan negatif dan signifikan antara Kecerdasan Emosional dengan Stres Pengasuhan (r= - 0.803; p<0.000). Artinya semakin tinggi Kecerdasan Emosional yang dimiliki ibu, maka semakin rendah Stres Pengasuhan yang dialami ibu. Kecerdasan emosional memberikan sumbangan efektif terhadap Stres Pengasuhan pada ibu yang memiliki anak autisme sebesar 64.5% dan sisanya 35.5% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diungkap dalam penelitian ini.

 

 

 

Fulltext View|Download
Keywords: autism, kecerdasan, emosional, stres pengasuhan

Article Metrics:

  1. Ahern, S. L. (2004). Psychometric properties of the parenting stress index-short form [Tesis tidak dipublikasikan]. North Carolina State University
  2. Atmaja, J.R. (2018). Pendidikan dan bimbingan anak berkebutuhan khusus. Bandung: Remaja Rosdakarya
  3. Chodidjah, S., & Kusumasari, A.P. (2018). Pengalaman ibu merawat anak usia sekolah dengan autis. Jurnal Keperawatan Indonesia, 21(2), 94-100. doi: 10.7454/jki.v2li2.545
  4. Davis, N. O., & Carter, A. S. (2008). Parenting stress in mothers and fathers of toddlers with autism spectrum disorders: Associations with child characteristics. Journal of Autism and Developmental Disorders, 38(7), 1278-1291. doi: 10.1007/s10803-007-0512-z
  5. Fauziah, N., & Yunita, S.N. (2018). Hubungan antara kecerdasan emosional dengan konflik peran ganda pada ibu yang bekerja. Jurnal Empati, 7(1), 34-43
  6. Febrianto, A., & Darmawanti, I. (2016). Studi kasus penerimaan seorang ayah terhadap anak autis. Jurnal Psikologi Teori dan Terapan, 7(1), 50-61
  7. Goleman, D. (2018). Kecerdasan emosional. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka
  8. Illias, K., dkk. (2018). Parenting stress and resilience in parents of children with autism spectrum disorder in Southeast Asia. A Systematic Review, 9, 1-14. Doi: 10.3389/fpsyg.2018.00280
  9. Jeniu, E., Widodo, D., & Widiani, E. (2017). Hubungan pengetahuan tentang autisme dengan tingkat kecemasan orangtua yang memiliki anak autisme di sekolah luar biasa bhakti luhur malang. Nursing News, 2(2), 32-42
  10. Kirk, E., & Sharma, S. (2017). Mind-mindedness in mothers of children with autism spectrum disorder. Research in Autism Spectrum Disorders. 43(44), 18-26. doi: 10.1016/j.rasd.2017.08.005
  11. Mangunsong, F. (2009). Psikologi dan pendidikan anak berkebutuhan khusus. Depok: LPSP3
  12. McDermott, V. M., Lawson, K., Hottinger, K., Seijo, R., Schechtman, M., Shulman, L & Shinnar, S. (2015). Parental stress in families of children with autism and other developmental disabilities. Journal of Child Neurology, 30(13), 1728-1735. doi: 10.1177/0883073815579705
  13. Mohammadi, M. R. (2011). A comprehensive book on autism spectrum disorder. Rijeka: InTech
  14. Octaviana, W., Amir, Y., & Indriati, G. (2018). Identifikasi tingkat pengetahuan ibu tentang diet casein free dan gluten free pada anak autis. Jom FKP, 5(12), 677-682
  15. Osborne, L. A., & Reed, P. (2010). Stress and self-perceived parenting behaviors of parents of children with autistic spectrum conditions. Research in Autism Spectrum Disorders. 4(3), 405-414. Doi: 10.1016/j.rasd.2009.10.011
  16. Rudy. (2018, April 2). Hari peduli autisme sedunia: kenali gejalanya, pahami keadaannya
  17. Kemenpppa. https://www.kemenpppa.go.id/index.php/page/read/31/1682/hari-peduli-autisme-sedunia-kenali-gejalanya-pahami-keadaannya
  18. Sharma, S. R., Gonda, X., & Tarazi, F.I. (2018). Autism spectrum disorder classification, diagnosis, and therapy. Pharmacology & Therapeutics. 190, 91-104. doi: 10.1016/j.pharmthera.2018.05.007
  19. Sim, dkk. (2017). Factors associated with stress in families of children with autism spectrum disorder. Developmental Neurorehabilitation, 21(3), 3-11. doi: 10.1080/17518423.2017.1326185
  20. Sudarmintawan, P. S. I., & Suarya, L. K. S. (2018). Gambaran penerimaan ibu dengan anak autisme serta penerapan terhadap diet bebas gluten dan kasein. Jurnal Psikologi Udayana. 5(2). 297-310
  21. Webster, A., Cumming, J., & Rowland, S. (2017). Empowering parents of children with autism spectrum disorder. Singapore: Springer
  22. Widyasmara, R. (2015). Gambaran relasi ibu dengan anak yang mengalami gangguan autis [Skripsi tidak dipublikasikan]. Universitas Kristen Satya Wacana
  23. Wolfe, J.D. (2014). Parent of children with autism. New York, NY: Palgrave Macmillan

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.