Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia
BibTex Citation Data :
@article{EMPATI29263, author = {Bramastya Janadio and Endah Mujiasih}, title = {HUBUNGAN ANTARA CUSTOMER ENGAGEMENT MELALUI INSTAGRAM DENGAN INTENSI MEMBELI PRODUK PADA MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGIUNIVERSITAS DIPONEGORO}, journal = {Jurnal EMPATI}, volume = {9}, number = {5}, year = {2020}, keywords = {customer engagement, mahasiswa, purchase intention}, abstract = { Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara customer engagement melalui instagram dengan intensi membeli produk pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro. Intensi membeli produk adalah kecenderungan atau niat konsumen untuk membeli suatu produk berupa barang atau jasa yang didasari adanya kebutuhan, keinginan, dan permintaan pada diri konsumen. Customer engagement adalah derajat keterlibatan konsumen secara kognitif, afektif, dan tindakan yang memunculkan perilaku spesifik karena adanya ketertarikan, kesenangan, kesetiaan, dan kepuasaan terhadap produk. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Psikologi Diponegoro Semarang. Sampel penelitian berjumlah 191 orang yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling . Pengumpulan data menggunakan dua buah skala psikologi, yaitu skala customer engagement (22 aitem valid dengan α= 0,852) dan skala intensi membeli produk (35 aitem valid dengan α= 0,927). Data yang diperoleh berdasarkan hasil analisis Spearman Rho menunjukkan nilai koefisiensi korelasi sebesar 0,769 dengan p= 0,000 (p< 0,05). Hasil tersebut menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan peneliti, yaitu terdapat hubungan positif customer engagement melalui instagran dengan intensi membeli produk pada mahasiswa Fakultas Psikologi Diponegoro dapat diterima . Semakin tinggi customer engagement melalui instagram maka akan semakin tinggi pula intensi membeli produk begitu pula sebaliknya. }, issn = {2829-1859}, pages = {398--405} doi = {10.14710/empati.2020.29263}, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/29263} }
Refworks Citation Data :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara customer engagement melalui instagram dengan intensi membeli produk pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro. Intensi membeli produk adalah kecenderungan atau niat konsumen untuk membeli suatu produk berupa barang atau jasa yang didasari adanya kebutuhan, keinginan, dan permintaan pada diri konsumen. Customer engagement adalah derajat keterlibatan konsumen secara kognitif, afektif, dan tindakan yang memunculkan perilaku spesifik karena adanya ketertarikan, kesenangan, kesetiaan, dan kepuasaan terhadap produk. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Psikologi Diponegoro Semarang. Sampel penelitian berjumlah 191 orang yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan dua buah skala psikologi, yaitu skala customer engagement (22 aitem valid dengan α= 0,852) dan skala intensi membeli produk (35 aitem valid dengan α= 0,927). Data yang diperoleh berdasarkan hasil analisis Spearman Rho menunjukkan nilai koefisiensi korelasi sebesar 0,769 dengan p= 0,000 (p< 0,05). Hasil tersebut menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan peneliti, yaitu terdapat hubungan positif customer engagement melalui instagran dengan intensi membeli produk pada mahasiswa Fakultas Psikologi Diponegoro dapat diterima. Semakin tinggi customer engagement melalui instagram maka akan semakin tinggi pula intensi membeli produk begitu pula sebaliknya.
Article Metrics:
Last update:
Jurnal Empati by https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article shall be assigned to Jurnal Empati and Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro as the publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all forms and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Jurnal Empati and the Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro, and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions, or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Jurnal Empati are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The Copyright Transfer Form can be downloaded here: [Copyright Transfer Form Jurnal Empati]. The copyright form should be signed originally, scanned, and uploaded as a supplementary file when submitting the manuscript.
Jurnal EMPATI published by Faculty of Psychology, Diponegoro University