Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia
BibTex Citation Data :
@article{EMPATI28950, author = {Syifa Ulayya and Endah Mujiasih}, title = {HUBUNGAN ANTARA SELF CONTROL DENGAN PERILAKU KONSUMTIF PENGGUNA E-MONEY PADA MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS DIPONEGORO}, journal = {Jurnal EMPATI}, volume = {9}, number = {4}, year = {2020}, keywords = {college student, consumtive behavior, self-control}, abstract = { Penelitian ini ditujukan untuk memahami hubungan antara self-control dengan perilaku konsumtif pengguna e-money mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro. Self-control merupakan kemampuan individu untuk mengatur serta mengendalikan perilaku dari dalam diri yang tidak diinginkan sehingga mampu menahan tingkah laku impulsif dan mengarahkan kepada konsekuensi positif Perilaku konsumtif merupakan dorongan membeli suatu barang secara berlebihan tanpa pertimbangan yang rasional dan hanya berdasarkan pada keinginan sesaat. Populasi penelitian ini berjumlah 498 mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro dengan sampel 221 orang. Teknik penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah convenience sampling . Alat ukur yang digunakan adalah Skala Self-Control (29 aitem, α = 0,93) dan Skala Perilaku Konsumtif (33 aitem α = 0,94). Analisis data menggunakan analisis regresi sederhana menunjukkan nilai r xy = -0,869 dan p = 0,000 (p < 0,05). Hasil penelitian terdapat hubungan negatif antara self-control dengan perilaku konsumtif pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro. Self-Control memberikan sumbangan efektif sebesar 68,9% dalam memprediksi perilaku konsumtif, sisanya sebesar 31,3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diungkap dalam penelitian ini. }, issn = {2829-1859}, pages = {271--279} doi = {10.14710/empati.2020.28950}, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/28950} }
Refworks Citation Data :
Penelitian ini ditujukan untuk memahami hubungan antara self-control dengan perilaku konsumtif pengguna e-money mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro. Self-control merupakan kemampuan individu untuk mengatur serta mengendalikan perilaku dari dalam diri yang tidak diinginkan sehingga mampu menahan tingkah laku impulsif dan mengarahkan kepada konsekuensi positif Perilaku konsumtif merupakan dorongan membeli suatu barang secara berlebihan tanpa pertimbangan yang rasional dan hanya berdasarkan pada keinginan sesaat. Populasi penelitian ini berjumlah 498 mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro dengan sampel 221 orang. Teknik penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah convenience sampling. Alat ukur yang digunakan adalah Skala Self-Control (29 aitem, α = 0,93) dan Skala Perilaku Konsumtif (33 aitem α = 0,94). Analisis data menggunakan analisis regresi sederhana menunjukkan nilai rxy = -0,869 dan p = 0,000 (p < 0,05). Hasil penelitian terdapat hubungan negatif antara self-control dengan perilaku konsumtif pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro. Self-Control memberikan sumbangan efektif sebesar 68,9% dalam memprediksi perilaku konsumtif, sisanya sebesar 31,3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diungkap dalam penelitian ini.
Article Metrics:
Last update:
Jurnal Empati by https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article shall be assigned to Jurnal Empati and Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro as the publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all forms and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Jurnal Empati and the Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro, and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions, or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Jurnal Empati are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The Copyright Transfer Form can be downloaded here: [Copyright Transfer Form Jurnal Empati]. The copyright form should be signed originally, scanned, and uploaded as a supplementary file when submitting the manuscript.
Jurnal EMPATI published by Faculty of Psychology, Diponegoro University