Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia
BibTex Citation Data :
@article{EMPATI28820, author = {Monica Saraswati and Adi Dinardinata}, title = {HUBUNGAN ANTARA KETERLIBATAN SISWA DENGAN KENAKALAN REMAJA PADA SISWA KELAS XI DI SMA TARUNA NUSANTARA}, journal = {Jurnal EMPATI}, volume = {12}, number = {1}, year = {2023}, keywords = {}, abstract = { Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan mengetahui hubungan antara keterlibatan siswa dengan kenakalan remaja pada siswa kelas XI di SMA Taruna Nusantara. Kenakalan remaja merupakan menyimpang dari norma-norma sosial di lingkungan tempat remaja itu tinggal. Keterlibatan siswa merupakan keterlibatan siswa sebagai aktivitas sekolah, yaitu aktivitas akademik maupun non-akademik yang melibatkan keterlibatan kognitif, emosi, dan perilaku. Partisipan dalam penelitian ini adalah 169 siswa kelas XI SMA Taruna Nusantara Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah convenience sampling. Alat ukur yang digunakan adalah skala kenakalan remaja (20 aitem, α= 0,879) dan skala keterlibatan siswa (26 aitem, α=0,894). Analisis data menggunakan analisis statistik non parametrik Spearman’s Rho menunjukan adanya hubungan negatif yang signifikan antara keterlibatan siswa dengan kenakalan remaja pada siswa kelas XI di SMA Taruna Nusantara. (r xy = -0,789; p < 0,001). Semakin tinggi keterlibatan siswa siswa SMA Taruna Nusantara, maka semakin rendah kenakalan remaja. Sebaliknya, semakin rendah keterlibatan siswa siswa SMA Taruna Nusantara, maka semakin tinggi kenakalan remaja. }, issn = {2829-1859}, pages = {1--6} doi = {10.14710/empati.2023.28820}, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/28820} }
Refworks Citation Data :
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan mengetahui hubungan antara keterlibatan siswa dengan kenakalan remaja pada siswa kelas XI di SMA Taruna Nusantara. Kenakalan remaja merupakan menyimpang dari norma-norma sosial di lingkungan tempat remaja itu tinggal. Keterlibatan siswa merupakan keterlibatan siswa sebagai aktivitas sekolah, yaitu aktivitas akademik maupun non-akademik yang melibatkan keterlibatan kognitif, emosi, dan perilaku. Partisipan dalam penelitian ini adalah 169 siswa kelas XI SMA Taruna Nusantara Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah convenience sampling. Alat ukur yang digunakan adalah skala kenakalan remaja (20 aitem, α= 0,879) dan skala keterlibatan siswa (26 aitem, α=0,894). Analisis data menggunakan analisis statistik non parametrik Spearman’s Rhomenunjukan adanya hubungan negatif yang signifikan antara keterlibatan siswa dengan kenakalan remaja pada siswa kelas XI di SMA Taruna Nusantara. (rxy = -0,789; p < 0,001). Semakin tinggi keterlibatan siswa siswa SMA Taruna Nusantara, maka semakin rendah kenakalan remaja. Sebaliknya, semakin rendah keterlibatan siswa siswa SMA Taruna Nusantara, maka semakin tinggi kenakalan remaja.
Article Metrics:
Last update:
Jurnal Empati by https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article shall be assigned to Jurnal Empati and Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro as the publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all forms and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Jurnal Empati and the Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro, and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions, or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Jurnal Empati are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The Copyright Transfer Form can be downloaded here: [Copyright Transfer Form Jurnal Empati]. The copyright form should be signed originally, scanned, and uploaded as a supplementary file when submitting the manuscript.
Jurnal EMPATI published by Faculty of Psychology, Diponegoro University