skip to main content

HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN SPIRITUAL DENGAN PENYESUAIAN DIRI PADA MAHASISWA TAHUN PERTAMA DEPARTEMEN ILMU KELAUTAN DAN OSEANOGRAFI FAKULTAS PERIKANAN DAN ILMU KELAUTAN UNIVERSITAS DIPONEGORO SEMARANG

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Received: 3 Aug 2020; Published: 3 Aug 2020.

Citation Format:
Abstract

Penyesuaian diri merupakan proses individu untuk mencapai keselarasan dalam memenuhi kebutuhan diri dengan harapan lingkungan tempat individu tinggal, dalam mencapai keselarasan tersebut individu perlu mengatasi tegangan, konflik, dan frustasi yang dialaminya. Kecerdasan spiritual merupakan kemampuan individu dalam memberikan makna yang mendalam tentang seluruh aspek kehidupan, serta memberi makna positif pada setiap peristiwa yang ada dalam hidup sehingga mampu menilai bahwa jalan hidupnya lebih bermakna dibandingkan orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan spiritual dengan penyesuaian diri pada mahasiswa tahun pertama Departemen Ilmu Kelautan dan Oseanografi Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Diponegoro Semarang. Populasi dalam penelitian ini sejumlah 324 orang. Sampel penelitian sejumlah  181 orang dengan menggunakan teknik convenience sampling. Alat ukur yang digunakan terdiri dari skala kecerdasan spiritual (60 aitem, α = 0,949) dan skala penyesuaian diri (31 aitem, α = 0,885). Berdasarkan hasil analisis regresi sederhana menunjukan bahwa hipotesis yang diajukan peneliti terbukti, yaitu terdapat hubungan positif antara kecerdasan spiritual dengan penyesuaian diri (rxy = 0,737 dengan p = 0,000). Sumbangan efektif yang diberikan kecerdasan spritual sebesar 54,3% dan 45,7% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diukur dalam penelitian ini. 

Fulltext View|Download
Keywords: kecerdasan; mahasiswa; penyesuaian

Article Metrics:

  1. Agasni, A. A., & Indrawati, E. S. (2015). Kecerdasan spiritual dengan regulasi emosi pada mahasiswa Program Pendidikan Sarjana Kedokteran. (Skripsi tidak diterbitkan). Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro, Semarang
  2. Agustiani, H. (2009). Psikologi perkembangan (pendekatan ekologi kaitannaya konsep diri dan penyesuaian diri remaja) remaja). Bandung: Refika Aditama
  3. Ali, M.& Asrori, M. (2017). Psikologi remaja Perkembangan peserta didik. Jakarta: Bumi Aksara
  4. Aridhona, J. (2017). Hubungan antara kecerdasan spiritual dan kematangan emosi dengan penyesuaian diri pada remaja. Jurnal Psikologi 2(2), 224 233
  5. Aswandi, F. (2017). Hubungan kecerdasan spiritual dengan tingkat stres pada mahasiswa keperawatan Universi tas Tanjungpura Pontianak. (Naskah publikasi tidak diterbitkan). Program Studi Keperawatan Universitas Tanjungpura Pontianak, Pontianak
  6. CNN Indonesia, (2018). Satu dari tiga mahasiswa baru alami gangguan mental Diunduh dari https://today.line.me/id/pc/article
  7. Desmita. (2016). Psikologi perkembangan peserta didik. Bandung: Rosda
  8. Devi, K. P., Rajesh, N. V., & Devi, M. A. (2016). Study of spiritual intelligence and adjustment among arts and science college students . Journal of Religion and Health, 56 (3), 828 838. doi: 10.1007/s10943016-0225-8
  9. Hardianti, U. S. (2014). Penyesuaian diri remaja obesitas di Kabupaten Magelang. (Skripsi tidak diterbitkan). Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta
  10. Himmah, L. (2017). Hubungan kecerdasan emosional dan penyesuaian diri pada remaja kelas VII Pondok Pesantren Askhabul Kahfi . (Skripsi tidak diterbitkan). Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro, Semarang
  11. Hurlock, E. B. (2004). Psikologi perkembangan suatu pendek atan sepanjang rentan kehidupan. (Edisi Kelima). Jakarta: Erlangga
  12. Iflah & Lityasari, W. D. (2013). Gambaran penyesuaian diri ma hasiswa baru. Jurnal Penelitian dan Pengukuran Psikologi , 2(2), 33-36. doi: 10.21009/JPPP.021
  13. Imania, A. (2017). Hubungan antara penyesuaian diri dan kebahagiaan mahasiswa tahun pertama. (Skripsi tidak Fakultas Psikologi Universitas Surabaya, Surabaya
  14. Marsini. (2015). Kecerdasan spiritual dalam menghindari perilaku menyimpang pada siswa kelas VII SMP Negreri 1 Surakarta tahun pelajaran 2014/2015 (Naskah publikasi tidak dipublikasikan). Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta
  15. Megantoro, X. (2015). Hubungan antara interaksi teman sebaya dengan penyesuaian diri di sekolah pada siswa barudi SMK Kristen Salatiga tahun ajaran 2015/2016. (Skripsi tidak diterbitkan). Program Studi Psikologi Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga
  16. Mudhovozi, P. (2012). Social an d academic adjustment of first year university students. Journal of Social Sciences , 33 (2), 251-259
  17. Safaria, T. (2007). Spiritual intelligence: Metode pengembangan kecerdasan spiritual anak. Yogyakarta: Graha
  18. Santrock, J. W. (2006). Perkembangan remaja. Jakarta: Erlangga
  19. Santrock, J.W. (2012). Life span development : Perkembangan masa hidup (Edisi 13 Jilid 2). Jakarta: Erlangga
  20. Schneiders, A. A. (1964). Personal a djustment and mental health . New York , NY : Rinehart and Winston
  21. Sobur, A. (2003). Psikologi umum. Bandung: Pustaka Setia
  22. Zohar, D., & Marshall, I. (2007). SQ: Memanfaatkan kecerdasan spiritual dalam berpikir integralistik dan holistik untuk memaknai kehidupan. Bandung: Mizan

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.