slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor
HUBUNGAN ANTARA HARGA DIRI DAN ADAPTABILITAS KARIR PADA SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 2 SEMARANG | Heditya | Jurnal EMPATI skip to main content

HUBUNGAN ANTARA HARGA DIRI DAN ADAPTABILITAS KARIR PADA SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 2 SEMARANG

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Received: 25 Apr 2020; Published: 28 Feb 2023.
Open Access Copyright 2023 Empati
Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Citation Format:
Abstract
Adaptabilitas karir merupakan kemampuan individu dalam menghadapi dan menyesuaikan diri pada perubahan-perubahan yang terkait dengan karir, baik yang terduga maupun tidak. Harga diri adalah cara individu memandang dirinya, dan sejauh mana merasa dirinya berharga serta mampu melakukan sesuatu. Siswa kelas X mengalami masa transisi dari SMP ke SMA sehingga dituntut untuk dapat menyesuaikan diri pada lingkungan sosial dan permasalahan baru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara harga diri dan adaptabilitas karir pada siswa kelas X di SMA Negeri 2 Semarang. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas X SMA N 2 Semarang yang berjumlah 504 orang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 232 siswa dengan teknik Cluster Random Sampling. Hasil analisis Rank Spearman menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara harga diri dan adaptabilitas karir (rxy = 0,719; p = 0,000), artinya semakin tinggi harga diri seseorang maka akan semakin tinggi pula adaptabilitas karirnya.
Fulltext View|Download
Keywords: adaptabilitas karir, harga diri, remaja, siswa SMA

Article Metrics:

  1. Ataç, L. O., Dirik, D., & Tetik, H. T. (2018). Predicting career adaptability through self-esteem and social support: A research on young adults. International Journal Education Vocational Guidance, 18(1), 45-61. https://doi.org/10.1007/s107 75-017-9346-1
  2. Cai, Z., Guan, Y., Li, H., Shi, W., Guo, K., Liu, Y., Li, Q., Han, X., Jiang, P., Fang, Z., & Hua, H. (2015). Self-esteem and proactive personality as predictors of future work self and career adaptability: An examination of mediating and moderating processes. Journal of Vocational Behavior, 86, 86-94. https://doi.org/10.1016/j.jvb.2014.10.004
  3. Creed, P. A., Fallon, T., & Hood, M. (2009). The relationship between career adaptability, person and situation variables, and career concern in young adults. Journal of Vocational Behavior, 74(2), 219-229. https://doi.org/10.1016/ j.jvb.2008.12.004
  4. Duffy, R. D. (2010). Sense of control and career adaptability among undergraduate students. Journal of Career Assesment, 18(4), 420-430. https://doi.org/10.1177/1069072710374587
  5. Hirschi, A. (2009). Career adaptability development in adolescence: Multiple predictors and effect on sense of power and life satisfaction. Journal of Vocational Behavior, 74(2), 145-155. https://doi.org/10.1016/j.jvb.2009.01.002
  6. Hui, T., Yuen, M., & Chen, G. (2018). Career adaptability, self-esteem, and social support among Hong Kong University students. The Career Development Quarterly, 66(2), 94-106. https://doi.org/10.1002/ cdq.12118
  7. Mardiyati, B. D., & Yuniawati, R. (2015). Perbedaan adaptabilitas karir ditinjau dari jenis sekolah (SMA dan SMK). Jurnal Fakultas Psikologi, 3(1), 31-41
  8. Marpaung, D. N., & Yulandari, N. (2017). Kematangan karir siswa SMU Banda Aceh ditinjau dari jenis kelamin dan jenis sekolah. Psikoislamedia Jurnal Psikologi 1(2), 311-324. https://doi.org/10.22373/psikoislamedia.v1i2.918
  9. Mualfiah, R., & Indrijanti, H. (2014). Hubungan antara tingkat harga diri dengan kecenderungan perilaku seks pranikah pada remaja Pondok Pesantren Assalafi Alfitrah Surabaya. Jurnal Psikologi Klinis dan Kesehatan Mental, 3(3), 159-163
  10. Rosenberg, M., Schooler, C., & Schoenbach, C. (1989). Self-esteem and adolescent problems: Modeling reciprocal effects. American Sociological Review, 54(6), 1004–1018. https://doi.org/10.2307/2095720
  11. Rossier, J., Zecca, G., Stauffer, S. D., Maggiori, C., & Dauwalder, J. (2012). Career adapt-abilities scale in a French-speaking Swiss sample: Psychometric properties and relationship to personality and work engagement. Journal of Vocational Behavior, 80(3), 734-743. https://doi.org/0.1016/ j.jvb.2012.01.004
  12. Savickas, M. L., & Porfeli, E. J. (2012). Career adapt-abilities scale: Construction, reliability, and measurement equivalence across 13 countries. Journal of Vocational Behavior, 80(3), 661-673. https://doi.org/10.1016/ j.jvb.2012.01.011
  13. Tafarodi, R. W., & Swann, W. B., Jr. (1995). Self-liking and self-competence as dimensions of global self-esteem: Initial validation of a measure. Journal of Personality Assessment, 65(2), 322–342. https://doi.org/10.1207/s15327752jpa6502_8
  14. van Vianen, A. E.M., Klehe, U.-C., Koen, J., & Dries, N. (2012). Career Adapt-Abilities Scale — Netherlands Form: Psychometric properties and relationships to ability, personality, and regulatory focus. Journal of Vocational Behavior, 80(3), 716–724. https://doi.org/10.1016/j.jvb.2012.01.002
  15. Yousefi, Z., Abedi, M., Baghban, I., Eatemadi, O., & Abedi, A. (2011). Personal and situational variables, and career concerns: Predicting career adaptability in young adults. The Spanish Journal of Psychology, 14(1), 263-271. https://doi.org/10.5209/rev_SJOP.2011. v14.n1.23

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.